Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Prosesor Laptop Terbaik Intel dan AMD 2023

Prosesor laptop terbaik adalah salah satu aset berharga yang wajib dimiliki untuk Anda yang bekerja berkaitan dengan editing, desain, atau bahkan seorang gamer sekalipun.

Mengapa demikian? Jadi, prosesor atau juga dikenal sebagai CPU, tugasnya memberikan instruksi dan kekuatan pemrosesan yang dibutuhkan laptop atau komputer.

Semakin kuat dan tangguh prosesor Anda, semakin cepat komputer Anda menyelesaikan tugasnya.

Oleh karena itu, dengan menggunakan prosesor yang lebih baik kualitasnya, dapat membantu komputer Anda memproses dan menjalankan tugasnya lebih cepat.

Walau demikian, banyak kalangan konsumen yang awam soal teknologi merasa bingung ketika hendak membeli laptop dengan prosesor terbaik. Ya, maklum saja, saat ini di pasaran banyak sekali laptop dengan berbagai jenis prosesor.

Maka dari itu, pada artikel ini akan diberikan urutan laptop prosesor terbaik dari Intel dan AMD, masing-masing 5. Kedua pabrikan prosesor tersebut memang terkenal bersaing ketat dalam hal inovasi, sehingga tidak heran keduanya merajai pasar internasional dan juga Indonesia tentunya.

5 Urutan Processor Laptop Terbaik dari Intel

Dapat dikatakan Intel masih menjadi raja di prosesor laptop atau komputer, ini terlihat dari banyaknya laptop yang menggunakan prosesor Intel di pasaran. Berikut 5 prosesor Intel terbaik saat ini.

Prosesor Laptop Terbaik

1. Prosesor Intel Core X-Series

Dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan pembuat konten, rangkaian prosesor Intel Core X-Series menawarkan kekuatan dan kenyamanan studio lengkap di PC Anda.

Rekam, edit, dan render dengan cepat dalam bersamaan hingga 4,8 GHz yang dicapai melalui Intel Turbo Boost Max Technology 3.01, hingga 18 core, dan 36 thread.

2. Prosesor Intel Core i9

Intel Core i9 adalah prosesor kelas atas yang dianggap sebagai salah satu komponen PC terbaik yang tersedia di pasar. Memiliki kecepatan hingga 4.8 GHz dan sudah 6 core.

Intel Core i9 menawarkan kinerja tingkat tinggi dan sangat cocok untuk tugas-tugas yang memerlukan banyak kekuatan pemrosesan, seperti pengeditan video, rendering 3D, dan bermain game.

3. Prosesor Intel Core i7

Intel core i7 adalah prosesor yang menyertakan teknologi hyper-threading, memungkinkan komputasi lebih cepat. Hadir dengan kecepatan maksimal 4.5 GHz dan memiliki pilihan 4 hingga 6 core.

Jika Anda ingin melakukan tugas intensif seperti pengeditan video dan grafik, pengolahan data, dan bermain game, prosesor ini masih bisa untuk diandalkan. Intel core i7 memiliki clock speed yang jauh lebih cepat dan cache yang lebih besar.

4. Prosesor Intel Core i5

Intel Core i5 adalah prosesor hebat yang dibuat untuk pengguna mainstream yang peduli dengan performa, kecepatan, dan grafis. Core i5 cocok untuk sebagian besar tugas, bahkan bermain game berat.

Intel Core i5 sangat hemat daya, sehingga tidak akan membuat sistem Anda terlalu panas. Core i5 kompatibel dengan berbagai macam game. Hadir dengan pilihan hingga 4 core, memiliki kecepatan maksimal sebesar 4.3 GHz dan teknologi Turbo Boost.

5. Prosesor Intel Core i3

Intel Core i3 tetap masih populer hingga saat ini dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk pemula atau mereka yang memiliki anggaran terbatas.

Prosesor Core i3 tersedia dalam berbagai kecepatan, mulai dari 1,30 GHz hingga 4 GHz, dan dilengkapi cache 3 MB atau 4 MB. Menggunakan soket LGA 1150 atau LGA 1155 pada motherboard. Prosesor Core i3 tersedia dalam 2 atau 4 core.

Baca Juga: Intel Celeron N4020 Setara dengan Prosesor Apa?

5 Urutan Processor Laptop Terbaik dari AMD

Persaingan dalam inovasi prosesor tidak bisa dilepaskan dari kehadiran AMD. Tidak bisa dipungkiri berbagai produknya mulai mendapat perhatian tersendiri oleh para penggemar gadget. Berikut adalah 5 prosesor terbaik AMD.

Prosesor Laptop Terbaik

1. Prosesor AMD Ryzen Threadripper Pro

AMD Ryzen Threadripper Pro memiliki spesifikasi 128 thread, 64 core, memiliki base clock 2.7 GHz, serta boost clock mencapai 4.2 GHz. Prosesor ini merupakan prosesor terbaik dari AMD.

Prosesor AMD Ryzen Threadripper Pro cocok untuk simulasi dan rendering multithread, dengan core frekuensi tinggi untuk beban kerja thread yang lebih ringan. Prosesor ini dapat membantu Anda menyelesaikan berbagai proyek desain.

2. Prosesor AMD Orochi Bulldozer

AMD Orochi Bulldozer merupakan prosesor yang ditujukan untuk melakukan tugas yang berat. Prosesor ini memiliki kecepatan sebesar 3.6 hingga 4,2 GHz dan dalam pilihan 4 core, 6 core, dan 8 core.

3. AMD Ryzen 9 5950X

Prosesor AMD Ryzen 9 5950X hadir dengan 16 core dan 32 thread yang menggunakan topologi 2 CCD + 1 IOD. Prosesor ini juga dapat Anda pertimbangkan karena spesifikasinya bagus dan mumpuni.

4. Prosesor AMD Athlon 64 FX

Prosesor ini memiliki spesifikasi OS 32 bit dan 64 bit, juga dibekali dengan kemampuan proteksi antivirus yang sangat mumpuni, membuatnya direkomendasikan untuk laptop yang menggunakan software grafis level tinggi.

5. Prosesor Athlon AMD 64 X2

Performa prosesor Athlon AMD 64 X2 Dual Core sangat baik, satu-satunya tugas yang tidak kami rekomendasikan adalah bermain game berat. Prosesor AMD ini memiliki 2 core, 2 thread, dan beroperasi pada kecepatan clock 3,1 GHz.

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Processor Laptop Terbaik

Kesimpulan

Prosesor laptop terbaik memang sangat diperlukan untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan performa tinggi, seperti desain, editing, dan gaming.

Jadi, penting untuk Anda mengetahui spesifikasi dari perangkat apapun yang akan dibeli, termasuk prosesor laptop. Tujuannya tentu saja agar sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.