Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Handphone dan Perkembangan Teknologinya

Sejarah handphone berawal dari seorang karyawan perusahaan Motorola yang bernama Martin Cooper. Tepatnya pada tanggal 03 April 1973, Martin Cooper mempunyai gagasan untuk membuat alat komunikasi yang berukuran kecil dan mudah dibawa kemana saja.

Sejarah Handphone
Martin Cooper

Kemudian, terlahirlah sebuah mahakarya yang sangat berguna untuk umat manusia, yaitu ponsel Generasi pertama atau model pertama yang bernama DynaTAC (DYNamic Adative Total Area Coverage).

Walau betuknya kecil dan fleksibel, tetapi jangan dibayangkan dengan handphone yang beredar pada saat ini, kerena berat DynaTAC pada saat itu mencapai hampir 1 kg. Selain itu, baterainya hanya mampu beroperasi selama 20 menit. Namun ironinya, pada saat DynaTAC ini diperkenalkan. Nama Martin Cooper sebagai seorang penggagas utama proyek ini, justru kurang terkenal, dan malah lebih terkenal Motorola, yaitu tempat dimana ia bekerja.

Pada pengembangan handphone generasi pertama ini, juga tidak lepas dari peran Amos Joel Jr. Ia adalah seorang ahli bidang switching. Switching adalah sistem penyambung koneksi pada handphone dari satu wilayah ke wilayah lain. Dengan adanya sistem switching maka handphone lebih fleksibel bisa dibawa kemana pun.

DynaTAC atau handphone generasi pertama ini juga disebut sebagai 1G. selain itu, DynaTAC juga masih bersifat analog atau dikenal dengan istilah AMPS (Advanced Mobile Phone System). Dan menggunakan Frekuensi 825Mhz–894Mhz yang dioperasikan pada band 800Mhz


Perkembangan Handphone pada Era 80-an

Setelah Motorola DynaTAC generasi pertama keluar. Butuh satu dekade untuk Motorola membuat pembaharuan. Hingga akhirnya terciptalah sebuah ponsel yang diberi nama DynaTAC 8000X. Ponsel ini menjadi ponsel pertama yang secara resmi dikomersialkan. DynaTAC 8000X memiliki bobot yang cukup berat, yaitu sekitar 793 gram.

sejarah handphone
DynaTAC 8000X

Ponsel ini juga masih menggunakan sistem analog AMPS. Batere pada DynaTAC 8000X mampu beroperasi selama 8 jam, yang artinya mengalami kemajuan cukup signifikan jika dibanding dengan seri sebelumnya. Pada saat DynaTAC 8000X dikeluarkan, harganya pun masih sangat mahal, yakni sekitar 4.000 Dollar AS.

sejarah handphone
MicroTAC 9800X

Pada era 80-an ini Motorola terus melakukan riset dan pembaharuan. Hasilnya terciptalah Motorola MicroTAC 9800X. Pada seri ini bobotnya lebih ringan 300 gram. Namun, beterenya hanya mampu digunakan selama 30 menit saja. Walau begitu, Motorola MicroTAC 9800X bisa dikatakan sebagai produk yang revolusioner. Kerena dengan bobot yang ringan membuat pengguna ponsel ini lebih nyaman dalam mengoperasikannya.


Perkembangan Handphone pada Era 90-an

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi komunikasi juga terus berkembang. Pada tahun 90-an, terciptalah model baru ponsel Motorola yang diberi nama Motorola International 3200. Pada seri ini pula handphone pertama yang mengadopsi teknologi 2G.

Motorola International 3200
Motorola International 3200

Saat itu, 2G di Amerika masih menggunakan CDMA (Code Division Multiple Access), sedangakan di Eropa menggunakan GSM (Global System For Mobile Telecommunications). GSM menggunakan frekuensi standar 900 Mhz dan frekuensi 1800 Mhz, sehingga membuat GSM memiliki kapasitas pelanggan yang lebih besar.

Jika dibandingkan dengan teknologi 1G, teknologi 2G memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya, sudah menggunakan sinyal digital, sehingga memungkinkan untuk menyediakan layanan pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS (Short Message Service).

sejarah handphone
IBM Simon

Pada era 90-an, industri telekomunikasi mulai jauh berkembang pesat. Salah satu buktinya, muncul sebuah smartphone pertama, yaitu IBM Simon. Ponsel ini adalah penggabungan dari telephone, pagar, mesin fax, dan PDA (Personal Digital Assistant). IBM Simon juga sudah memiliki beberapa fitur canggih, diantaranya kalender, buku alamat, jam, kalkulator, notepad, email, game, dan layar sentuh dengan keyboard QWERTY. Saat itu, IBM Simon dijual dengan harga 899 Dollar.

Nokia 9000 Communicator
Nokia 9000 Communicator

Setelah IBM Simon meraih kesuksesan, Nokia pada era 90-an juga mengeluarkan produknya unggulannya, yaitu Nokia 9000 Communicator. Ponsel ini adalah ponsel pertama yang bisa dibilang sebagai komputer mini meskipun akses webnya terbatas. Selain itu, Nokia juga mengeluarkan beberapa produk lainnya. Diantaranya Nokia 8810, ponsel ini adalah ponsel pertama yang tidak menggunakan antena. Selanjutnya Nokia 3210, seri ini adalah ponsel yang paling laris di dunia. Kemudian Nokia 7110, ponsel yang pertama kali menyertakan WAP (Wireless Application Protocol), yang memberikan akses web kepada pengguna ponsel untuk perangkat sederhana.


Perkembangan Handphone Pada Era 2000-an

Pada era 2000-an perusahaan asal Jepang, Sharp. Pertama kali berinovasi mamasukan fitur kamera pada ponsel, adalah Sharp J-SH04 sebuah ponsel pertama di dunia yang memiliki fitur kamera. Resolusi kamera yang digunakan Sharp J-SH04 adalah sebesar 0,1 megapixel.

Sharp J-SH04
Sharp J-SH04

Selain itu, J-SH04 adalah ponsel pertama yang tersedia secara komersial yang memiliki sensor CCD (Charge Coupled Device) terintegrasi, dengan infrastruktur Picture Mail. Ini adalah awal dari apa yang kita kenal sebagai MMS (Multimedia Messaging Service).

BlackBerry 5810
BlackBerry 5810

Pada era ini perusahaan asal Kanada, BlackBerry. Juga mengeluarkan ponsel canggih, yaitu BlackBerry 5810. Terobosan pada ponsel ini adalah konvergensi nirkabel yang mengirimkan fitur email, telepon, SMS, browser, dan pengatur dalam satu faktor bentuk genggam yang ramping.

Apple iPhone
Apple iPhone

Persaingan teknologi ponsel pada era ini semakin ketat. Apalagi pada tahun 2007, Steve Jobs seorang tokoh bisnis dan penemu dari AS mulai memperkenalkan Apple iPhone, sebuah smartphone layar sentuh revolusioner dengan teknologi canggih. Ini bukan smartphone pertama, tetapi ini adalah smarphone pertama mendapatkan antarmuka pengguna yang benar, dan mengadaptasi teknologi 3G (yang sudah tersedia sejak tahun 2001).

HTC Dream
HTC Dream

Kemudian pada tanggal 23 September 2008. HTC, memperkenalkan ponsel produksinya yang menggunakan sistem android pertama kali di dunia. Ponsel tersebut diberi nama HTC Dream. Ponsel ini menggunakan perangkat LCD layar sentuh kapasitif 3,2 inci atau 8,1 cm dengan resolusi 320×480. Selain itu, HTC Dream juga sudah mengadopsi sistem Qualcomm MSM7201A 528 MHz pada chip dengan RAM 192 MB, dan dilengkapi dengan penyimpanan internal 256 MB, yang dapat diperluas hingga 16 GB menggunakan slot kartu Micro SD.


Perkembangan Handphone pada Era 2010-an

Era 2010-an awal, dunia sudah dihebohkan lagi oleh perusahaan asal Taiwan, HTC. Pasalnya kali ini HTC membuat sejarah baru dengan meluncurkan ponsel dengan seri EVO 4G.

HTC EVO 4G
HTC EVO 4G

HTC EVO 4G adalah sebuah ponsel pertama di dunia yang menggunakan sistem 4G. Pruduk ini dirilis di Amerika pada tanggal 4 juni 2010. HTC EVO 4G sudah menggunakan chipset Qualcomm QSD8650 yang berisi mikroprosesor Snapdragon Scorpion dengan clock 1 GHz dan chip grafis Adreno seri 200.

Setelah HTC sukses mengeluarkan ponsel dengan sistem 4G. Banyak perusahaan atau produsen smartphone yang juga turut menggunakan sistem 4G. Di Indonesia sendiri ponsel dengan sistem 4G sudah banyak beredar dan dari berbagai merek. Harganya pun saat ini bisa dibilang sudah cukup terjangkau.

Samsung Galaxy S10 5G
Samsung Galaxy S10 5G

Pada tahun 2019, Samsung perusahaan asal Korea, meluncurkan ponsel 5G pertama di dunia. Ponsel tersebut adalah Samsung Galaxy S10 5G. Dengan ponsel ini pengguna dapat merasakan sensasi VR (Virtual Reality) seketika tanpa kelambatan dan dengan resolusi gambar yang baik.