Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Intel Celeron N4020 Setara dengan Prosesor Apa Sih?

Prosesor adalah sirkuit logika yang merespons dan memproses instruksi dasar untuk mengoperasikan komputer. Prosesor dipandang sebagai chip integrated circuit (IC) utama dan paling penting dalam komputer, karena bertanggung jawab untuk menafsirkan sebagian besar perintah komputer.

Saat ini, terdapat berbagai macam prosesor yang tersedia di pasaran. Intel merupakan salah satu pemain besar di dunia teknologi, khususnya prosesor. Bisa dikatakan Intel saat ini masih memimpin untuk prosesor komputer atau laptop.

Pada artikel ini akan dibahas prosesor Intel Celeron N4020, yaitu processor intel yang berada di level low-end untuk mendukung performa laptop. Intel Celeron N4020 dapat digunakan untuk aktivitas ringan seperti menjalankan browsing atau sekedar program Microsoft Office.

Namun, pembahasan ini akan merujuk pada Intel Celeron N4020 setara dengan apa, sih? Ini alasannya tidak lain dan tidak bukan karena banyak di antara calon konsumen pembeli laptop yang ingin tahu siapa sih, kompetitor yang selevel dengan Intel Celeron N4020.

Jadi, jika di sepakbola kita mengenal Ronaldo dan Messi, dua manusia yang dinilai memiliki kualitas sama hebatnya di dunia sepakbola. Di dalam persaingan teknologi juga sering terjadi hal semacam demikian. Ok, tanpa belama-lama lagi mari langsung ke inti dari pembahasan ini.

Intel Celeron N4020 Setara dengan

Prosesor Intel Celeron N4020 termasuk golongan gemini lake. Dengan demikian, prosesor ini sebetulnya memiliki performa yang standar saja.

Namun, untuk seorang pekerja kantoran, khususnya administrasi, laptop dengan prosesor Intel Celeron N4020 sudah mumpuni lah ya, gak terlalu jelek dan gak terlalu high-end juga. Pas aja. Oh, ya, untuk seorang pelajar juga cocok lho.

Supaya lebih jelas, mari bahas spesifikasi Intel Celeron N4020, beserta kelebihan dan kekurangannya. Ini penting agar menemukan pembanding yang benar-benar setara dengan Intel Celeron N4020.

Untuk mendukung kinerja prosesor Intel Celeron N4020, biasanya dilengkapi pula dengan sistem pendingin atau kipas yang dapat meredakan panas si prosesor. Kemudian, prosesor Intel Celeron N4020 juga sudah mendukung dua perangkat penyimpanan SATA III, WiFi 5, dan 8 port untuk USB 3.0.

Sementara itu, untuk kekurangannya Intel Celeron N4020 hanya dapat digunakan menjalankan aktivitas yang ringan saja, sehingga untuk game, ya hanya dapat menjalankan game yang ringan saja. Intinya, untuk seorang gamer sejati, prosesor ini bisa dibilang tidak cocok.

Kelemahan lainnya adalah Intel Celeron N4020 terbilang masih belum optimal untuk menjalankan video dengan kualitas 1080p. Selanjutnya, seperti yang sudah dibilang, prosesor ini tidak jelek dan tidak high-end, ini karena pada dasarnya Intel Celeron N4020 masih dual core.

Walau demikian, beberapa kalangan pengguna prosesor Intel Celeron N4020 mengakali kekurangannya dengan menggunakan SSD NVMe agar performa perangkat lebih baik. Kreatif bukan mereka?

Baca Juga: Dahsyat! Inilah Prosesor Intel Tercanggih Saat Ini

Oke, karena sebetulnya inti dari pembahasan ini adalah mencari prosesor yang setara dengan Intel Celeron N4020 maka dilansir dari versus, AMD A4-9125 adalah yang paling mendekati. Jadi, prosesor Intel Celeron N4020 setara dengan AMD A4-9125.

Hal ini berdasarkan kinerja prosesor Intel Celeron N4020 yang dinilai gak jauh beda dengan AMD A4-9125. Di mana kinerja CPU dengan multi thread-nya, Intel Celeron N4020 memiliki nilai 1615, sedangkan AMD A4-9125 nilainya 1277. Sementara itu, nilai CPU single thread Intel Celeron N4020 adalah 1191 dan AMD 14-9125 hanya 1063.

Memang prosesor Intel Celeron N4020 masih lebih diunggulkan, tetapi hanya AMD 14-9125 yang paling mendekati secara performa dan kualitas. Baiklah, pada akhirnya kita sudah mengetahui bersama jika ternyata prosesor Intel Celeron N4020 setara dengan AMD A4-9125.