Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Layar LED dan Cara Kerjanya

Layar LED adalah teknologi tampilan layar atau monitor datar yang menggunakan susunan LED (light-emitting diodes) sebagai sumber cahaya. Saat ini, banyak perangkat elektronik, baik kecil maupun besar, menggunakan tampilan LED sebagai layar dan sebagai media interaksi antara pengguna dan sistem. Contohnya adalah ponsel, TV, tablet, monitor komputer, monitor laptop, dan sebagainya.

Layar LED merupakan salah satu tampilan layar utama yang digunakan secara komersial. Hal ini karena layar LED memiliki suatu keunggulan, yaitu konsumsi energinya yang efisien dan rendah. Oleh karena itu, layar LED banyak diaplikasikan untuk perangkat genggam dan perangkat yang dapat diisi daya seperti ponsel, tablet, dan laptop. Selain hemat daya, LED juga menghasilkan intensitas cahaya yang lebih cemerlang dan tidak menyilaukan.

Cara Kerja Layar LED

Cara kerja layar LED adalah melalui lampu latar (backlight) jenis LED, yang sebagian terdiri dari dua lapisan bahan polarisasi dengan kristal cair (liquid-crystal) cair di antaranya. Ketika arus listrik melewati kristal cair, itu menyebabkan kristal sejajar sehingga cahaya dapat ditransmisikan. Kemudian, ketika kristal tidak dialiri arus listrik maka cahaya dari backlight tidak akan dapat ditransmisikan.

Cara kerja LED
(Sumber Gambar: www.businesstoday.in)

Teknologi layar LED dapat diibaratkan seperti penutup jendela, yang memungkinkan cahaya melewati atau terhalang. Cahaya yang dapat melewati kristal cair maka akan mengenai filter warna yang terdiri dari tiga warna dasar, yaitu merah, hijau, dan biru (RGB = Red, Green, Blue). Dengan tiga warna tersebut, dan dengan pengaturan intensitas cahaya maka dapat membuat spektrum warna secara lengkap.

Terdapat tiga konfigurasi utama lampu latar (backlights) LED:

  1. Full-Array adalah LED yang didistribusikan secara merata di belakang seluruh layar untuk menghasilkan cahaya latar yang lebih seragam dan peredupan lokal yang lebih efektif (yaitu, meredupkan dan mematikan seluruh zona LED). Pada umumnya, penggunaan metode ini ditemukan pada model kelas atas, tetapi pada tahun 2020 beberapa model kelas menengah juga menawarkannya.
  2. Edge-Lit adalah LED ditempatkan di tepi layar, dan tergantung pada tampilan, LED dapat diatur di sekitar layar, hanya di sisi kiri dan kanan, atau di atas dan bawah saja. Dengan demikian, konfigurasi ini memungkinkan layar menjadi sangat tipis. Namun, kekurangannya yaitu dapat menyebabkan beberapa titik di layar menjadi lebih terang daripada yang lain untuk gambar yang kurang seragam.
  3. Direct-Lit adalah LED ditempatkan tepat di belakang layar seperti dalam konfigurasi array penuh. Namun, ada lebih sedikit LED dalam konfigurasi pencahayaan langsung, dan LED ini tidak dapat dikontrol secara terpisah untuk menghasilkan kecerahan yang optimal. Layar LED dengan penerangan langsung tidak setipis layar LED lainnya dan biasanya merupakan pembelian kelas bawah hingga menengah.

Baca Juga: Pengertian Plasma Display dan Cara Kerjanya

Keunggulan Layar LED

Sadar atau tidak, penggunaan layar LED saat ini memang sudah sangat populer. Anda dapat dengan mudah menemukan peralatan elektronik yang menggunakan layar LED, seperti pada ponsel, laptop, reklame di jalan, dan masih banyak lagi. Namun, apa sih keunggulan LED sehingga mulai banyak digunakan. Berikut adalah penjelasan beberapa keunggulannya.

  • Ketegangan Mata: Tampilan LED menawarkan kontrol yang lebih besar atas kecerahan tinggi dan fitur lain yang dapat membantu mengurangi ketegangan mata.
  • Kualitas Gambar: Layar LED memiliki kontras RGB, yang berarti dapat menciptakan kembali warna hitam dan putih yang sebenarnya. Ini menciptakan kualitas gambar yang lebih baik daripada tampilan lainnya.
  • Ukuran: Jenis lampu LED pada dasarnya berukuran kecil. Karena alasan ini, tampilan layar LED lebih kecil daripada teknologi tampilan layar alternatif lainnya. Ketebalan layar LED bisa menjadi sepertiga ketebalan LCD dengan ukuran layar yang sama.
  • Konsumsi Daya: Layar LED mengkonsumsi daya listrik dalam jumlah yang sedikit. Oleh karena itu, bahkan layar LED yang besar hanya mengkonsumsi sebagian kecil dari listrik yang dikonsumsi oleh layar LCD berukuran serupa.
  • Sudut Pandang: Tampilan LED menyala secara merata. Oleh karena itu, layar LED memberikan sudut pandang yang lebih luas.
  • Umur atau Masa Penggunaan: Karena tidak ada bagian yang bergerak dan desain yang sederhana, tampilan LED cenderung bertahan lebih lama daripada layar LCD atau tampilan lainnya.