Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Prosesor Laptop Terbaik

Prosesor hadir dengan serangkaian spesifikasi dan fitur yang dapat memengaruhi kinerja pemrosesan. Pada artikel ini akan membantu Anda menemukan prosesor atau CPU yang cocok untuk Anda.

Untuk mendapatkan pengalaman maksimal dari PC desktop atau laptop, penting untuk memastikan jika prosesor yang Anda gunakan mampu menjalankan tugas dengan baik.

Processor Laptop Terbaik

Meskipun prosesor tahan lama dan dapat bertahan bertahun-tahun jika dirawat dengan baik, tetapi teknologi PC dan laptop terus berkembang.

Prosesor yang lebih baru dapat memanfaatkan clock speeds yang lebih cepat, ukuran cache yang lebih besar, dan jumlah thread yang lebih tinggi, sehingga memungkinkan peningkatan kinerja saat dipasangkan dengan perangkat keras modern yang kompatibel.

Desain, editing, dan gaming adalah bidang yang mendapat manfaat dari evolusi prosesor, tentu saja utamanya gaming karena memang banyak diminati. Prosesor berdampak besar pada banyak aspek game terbaru, di antaranya:

  • Frame rates
  • Streaming
  • Scalable gameplay elements, termasuk: Draw distance, Crowd animations, dan Destruction physics

Pada akhirnya, menemukan prosesor terbaik untuk PC atau laptop Anda bergantung pada apa yang Anda harapkan dari pengalaman menjalankan tugas, dan bagaimana Anda menggunakan sistem Anda.

Ok, tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah tips memilih prosesor yang terbaik untuk Anda:

1. Mencari Tahu Apa yang Anda Butuhkan pada Sistem Prosesor

Pertimbangkan bagaimana Anda berencana menggunakan sistem prosesor baru tersebut. Contohnya, menggunakan prosesor untuk bermain game, streaming, pengeditan video, desain, dan aplikasi profesional lainnya.

2. Pelajari Singkat Cara Kerja Prosesor

Setelah mengetahui kebutuhan apa yang akan Anda gunakan, langkah selanjutnya adalah membekali diri Anda dengan beberapa pengetahuan dasar tentang bagaimana prosesor memengaruhi kinerja sistem.

Mengetahui bagaimana clock speed dan jumlah core menjadi faktor yang akan membantu memastikan Anda membeli prosesor, sehingga memungkinkan Anda melakukan apa pun yang Anda inginkan.

a) Jumlah core prosesor

Prosesor modern memiliki banyak core. Masing-masing core ini bertindak seperti prosesor tambahan, yang memungkinkan prosesor memproses banyak instruksi secara bersamaan.

Banyak prosesor yang menggunakan banyak core, tetapi jumlah core yang lebih banyak menjadi semakin penting ketika melakukan tugas-tugas intensif, seperti encoding video, atau menggunakan program kompleks untuk pembuatan konten tingkat tinggi.

Jika Anda menggunakan prosesor untuk lebih dari sekadar bermain game, misalnya streaming gameplay sambil bermain, ini menjadikan core dengan jumlah yang banyak dapat membuat keuntungan tersendiri.

Prosesor dengan jumlah core yang lebih banyak dapat menangani beban kerja yang dihadapi oleh prosesor dengan core tunggal, bahkan dengan clock speed yang sangat tinggi.

b) Clock speed prosesor

Clock speed prosesor (juga disebut clock rate atau frequency) adalah jumlah siklus yang dapat dijalankan prosesor dalam satu detik. Ini adalah pertimbangan mendasar dan penting secara fundamental ketika memilih prosesor.

Prosesor modern mengeksekusi miliaran siklus per detik, sehingga clock speed diukur dalam gigahertz (GHz). Secara umum, semakin tinggi clock speed per core, semakin baik.

Saat memilih prosesor baru, carilah clock speed tertinggi, tetapi tentu saja yang sesuai anggaran Anda. Hal ini dapat memastikan Anda memiliki core atau thread yang diperlukan untuk beban kerja Anda.

Untuk yang belum tahu apa itu thread, jadi sederhananya Anda dapat menganggap core sebagai otak dan thread sebagai pemikiran, lalu jika Anda memiliki 1 core dan 1 thread maka Anda hanya memiliki 1 pemikiran per otak.

Dengan demikian, apabila tertera 4 core dan 8 thread itu berarti Anda memiliki 4 core fisik di dalam prosesor dan 8 core virtual, SMT atau hyperthreading pada dasarnya membuat 1 core bertindak seperti 2.

Baca Juga: 10 Prosesor Laptop Terbaik Intel dan AMD 2023

3. Pertimbangkan Fitur Prosesor Tambahan

Selain mempelajari secara singkat dan sederhana, seperti clock speed dan jumlah core, ada fitur lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih prosesor baru. Berikut adalah beberapa fitur tersebut:

a) Integrated Graphics

Sebagian besar prosesor modern menggunakan integrated graphics (grafik terintegrasi), artinya mereka dapat menampilkan grafik di layar tanpa GPU terpisah.

Integrated graphics dapat berguna, terutama saat memecahkan masalah potensial yang melibatkan GPU khusus.

Integrated graphics juga dapat membantu jika Anda bekerja dengan pengeditan atau streaming video.

b) Fitur khusus laptop

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa banyak laptop yang mampu memberikan performa seperti komputer saat bermain game. Ini karena laptop modern dibuat untuk memenuhi beban kerja gaming yang berat.

Saat memilih laptop gaming, carilah prosesor yang dirancang khusus untuk memprioritaskan konsumsi daya dan masa pakai baterai.

c) Overclocking

Overclocking adalah istilah untuk meningkatkan prosesor untuk mempercepat kinerjanya. Meningkatkan clock rate menyebabkan komponen berjalan pada kecepatan lebih tinggi dan melakukan lebih banyak operasi per detik.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih CPU adalah apakah Anda ingin melakukan overclock atau tidak. Jika Anda suka mengubah kinerja hardware Anda, carilah prosesor yang dirancang untuk dapat di-overclock.

Dengan asumsi Anda memiliki perangkat keras yang tepat, seperti solusi pendinginan yang tepat dan motherboard yang mendukung overclocking, Anda dapat menikmati manfaat clock speeds yang lebih cepat dengan prosesor yang tidak terkunci (unlocked).

4. Temukan Prosesor yang Tepat untuk Anda

Sekarang setelah kita membahas dasar-dasarnya, mari kita cari tahu tingkat kinerja prosesor yang tepat untuk Anda.

Kemampuan prosesor dan chipset sering kali ditentukan oleh generasi prosesor, contohnya seperti generasi ke-12 atau generasi ke-13.

Processor Laptop Terbaik

Sebagai aturan umum, semakin tinggi angkanya (generasinya), semakin kaya fitur prosesor tersebut, dengan jumlah core dan thread, clock speeds, dan ukuran cache yang lebih tinggi.

Tingkat kinerja prosesor yang lebih tinggi generasinya, menawarkan banyak keuntungan yang berguna untuk keseimbangan fitur yang Anda operasikan.

Berikut adalah jenis prosesor Intel:

  • Intel® Core™ i3, untuk performa tingkat pemula
  • Intel® Core™ i5, untuk performa tingkat menengah
  • Intel® Core™ i7, untuk performa tingkat tinggi
  • Intel® Core™ i9, untuk performa tingkat tertinggi

Kemudian, berikut adalah jumlah core dan thread untuk beberapa prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12:

  • Prosesor Intel® Core™ i5-13600K Generasi ke-13 memiliki: Frekuensi maksimal P-core hingga 5,1 GHz; 14 core dan 20 thread.
  • Prosesor Intel® Core™ i7-13700K Generasi ke-13 memiliki: Frekuensi maksimal P-core hingga 5,3 GHz; 16 core dan 24 thread.
  • Prosesor Intel® Core™ i9-13900K Generasi ke-13 memiliki: Frekuensi maksimal P-core hingga 5,4 GHz; 24 core dan 32 thread.

Salah satu kekuatan pasar hardware PC atau laptop saat ini adalah banyaknya pilihan opsi yang memungkinkan Anda menemukan produk sesuai kebutuhan dan anggaran Anda.

Beragamnya prosesor yang tersedia berarti selalu ada prosesor yang ideal untuk sistem apa pun, tidak peduli bagaimana Anda ingin menggunakannya.

5. Lakukan Benchmarks (Tolok Ukur)

Salah satu cara terbaik untuk membantu mempermudah adalah dengan mencari benchmark atau tolok ukur yang mencerminkan rencana Anda menggunakan PC atau laptop.

Misalnya, Anda seorang gamer maka telusuri game tertentu yang akan Anda mainkan, beserta model prosesor yang Anda pertimbangkan, dan evaluasi metrik performa seperti FPS untuk menemukan prosesor game yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi Anda.

Perangkat keras lain juga perlu dipertimbangkan, seperti GPU dan RAM sistem.

Tolok ukur memungkinkan perbandingan yang mudah antara beberapa prosesor dengan menilai kinerjanya pada serangkaian pengujian standar.

Anda dapat membandingkan berbagai jenis dan merk prosesor di situs web yang membuat komparasi dari berbagai prosesor. Atau melihat review komparasi yang tersedia banyak di Youtube.