Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sepeda Kendaraan Ramah Lingkungan dan Menyehatkan

Sepeda adalah alat transportasi yang sudah mulai digunakan sejak abad ke-19 di Eropa. Pada awalnya bentuk sepeda juga tidak seergonomis saat ini, tetapi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat desain sepeda semakin ergonomis untuk digunakan, bahkan digunakan untuk jarak yang lumayan jauh sekalipun.

Pada saat pandemi seperti sekarang ini, sepeda mulai marak lagi digunakan sebagai alat transportasi. Alsannya juga berbagai macam, ada yang menggunakannya sebagai sarana olahraga, tetapi ada pula yang bersepeda hanya untuk sekedar gaya hidup. Dari fenomena meningkatnya pesepeda ini, membuat harga sepeda yang tadinya terjangkau menjadi sangat mahal. Memang, tidak semua harga sepeda mengalami lonjakan harga ekstrem, hanya merek-merek tertentu saja yang mengalaminya.

Sepeda, Kendaraan Ramah Lingkungan dan Menyehatkan

Namun, tahukah Anda jika menggunakan sepada juga turut serta menjaga lingkungan? Jadi, ketika menggunakan sepeda maka tidak ada emisi karbon yang dikeluarkan. Hal itu karena untuk menjalankan sepeda, cukup dengan dikayuh saja dan tidak perlu adanya pembakaran bahan bakar layaknya kendaraan bermotor. Dengan demikian, sepeda tidak mengeluarkan polusi sehingga udara di lingkungan pun tetap terjaga.

Baca Juga: Tesla Solar Roof, Genteng Panel Surya Buatan Tesla

Saat ini juga sudah tersedia sepeda listrik, yaitu sepeda yang dilengkapi dengan motor listrik untuk tambahan penggeraknya. Walau menggunakan listrik, tetapi untuk menghasilkannya tidak perlu menggunakan mesin internal combustion, karena sistem kerjanya cukup hanya mengayuh pedal sepeda maka dinamo akan ikut berputar dan akan menghasilkan listrik. Kemudian, listrik disimpan dalam baterai sebelum akhirnya digunakan kembali oleh motor listrik.

Beberapa negara di Eropa, menggunakan sepeda sebagai alat transportasi untuk aktivitas sehari-hari sudah menjadi hal yang biasa. Alasannya selain karena untuk menjaga lingkungan, menggunakan sepeda juga lebih ekonomis karena tidak perlu membayar pajak, bahan bakar, dan mencari tempat parkir jauh lebih mudah, bahkan di beberapa tempat menyediakan rental sepeda yang sangat praktis karena transaksi pembayarannya hanya melalui aplikasi saja.

Selain tidak menimbulkan polusi, bersepeda juga dapat membuat tubuh menjadi sehat. Di perkotaan rata-rata pengguna sepeda tujuannya untuk berolahraga. Hasilnya, tentu untuk kesehatan juga. Sudah banyak para ahli kesehatan yang mengungkapkan banyaknya manfaat bersepeda, Anda dapat dengan mudah menemukannya di berbagai media on-line, seperti YouTube, Google, dan berbagai media sosial lainnya. Namun, Anda tidak perlu repot-repot untuk mencarinya lagi, karena disini sudah dirangkum beberapa manfaat bersepeda untuk kesehatan:

  • Mengendalikan berat badan.
  • Baik untuk kesehatan jantung.
  • Dapat meningkatkan kekuatan otot.
  • Dapat meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Untuk mengendalikan diabetes.
  • Menghilangkan stres.
  • Dapat mengatasi insomnia.
  • Mengurangi risiko penyakit kanker dan jantung.