Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PLTA Terbesar di Dunia Ternyata Berada di Tiongkok

Semakin berkembangnya negara maka semakin besar pula kebutuhan energi listriknya. Pembangkit listrik dengan energi terbarukan adalah cara efektif untuk mendapatkan energi listrik, tetapi tetap mempertimbangkan kondisi lingkungan. PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) adalah sumber energi baru terbarukan yang cukup banyak digunakan di berbagai negara.

Alasan menggunakan PLTA dibanding pembangkit listrik lainnya, antara lain melimpahnya sumber air, dapat digunakakan sepanjang hari, tidak mengeluarkan polusi udara, dan masih banyak lagi. Walau menggunakan PLTA memiliki banyak keuntungan, tetapi sama seperti pembangkit listrik lainnya, PLTA juga memiliki kekurangan. Namun, dengan kemajuan teknologi dan perencanaan yang baik akan meminimalisir kekurangan atau kerugiannya.

PLTA terbesar di Dunia
(Sumber Gambar: Nikkei Asia)

Tiongkok adalah negara yang padat penduduk dan banyak industri sehingga membutuhkan energi listrik yang besar. Oleh karena itu, Tiongkok membuat banyak pembangkit listrik di negaranya, termasuk juga PLTA. Di Tiongkok terdapat PLTA terbesar di dunia. PLTA itu adalah Bendungan Tiga Ngarai atau Bendungan Tiga Jurang. Terletak di Sungai Yangtze (sungai ketiga terpanjang di dunia) di Sandouping, Yichang, provinsi Hubei, Tiongkok.

Baca Juga: Cara Kerja PLTA di Waduk Dapat Menghasilkan Energi Listrik

Konstruksi Bendungan Tiga Ngarai dimulai pada 1994. Bendungan diselesaikan pada tahun 2009 dan menjadi bendungan hidroelektrik yang terbesar di dunia. Bendungan Tiga Ngarai memulai pengisian pada 1 juni 2003. Sementara itu, Bendungan Tiga Ngarai memiliki kapasitas pembangkit listrik sebesar 22.500 Megawatt (MW) atau 22.5 Gigawatt (GW). Dalam konstruksinya Bendungan Tiga Ngarai memiliki ketinggian sekitar 594 kaki atau 181 meter dan panjangnya sekitar 7.770 kaki atau 2,335 m. Bendungan tersebut menciptakan Waduk Tiga Ngarai, yang memiliki luas permukaan sekitar 400 mil persegi (1.045 kilometer persegi) dan memanjang ke hulu dari bendungan sekitar 370 mil (600 kilometer).

Dengan begitu Bendungan Tiga Ngarai menempati posisi pertama dalam hal jumlah produksi listrik karena berhasil menggeser Bendungan Itaipu yang memiliki kapasitas jumlah produksi listrik 14.000 MW atau 14 GW. Indonesia juga memliliki PLTA yang cukup banyak, bahkan ada yang terbesar di Asia Tenggara, PLTA itu adalah PLTA Cirata yang terletak di Waduk Cirata, Jawa Barat. PLTA Cirata memliki total kapasitas hingga 1.008 MW (Megawatt) dengan rata-rata produksi listrik 1.428 GWh (Giga Watthour) pertahun.