Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan antara MCB, MCCB, RCB, RCD, RCCB, dan RCBO

MCB, MCCB, RCB, RCD, RCCB, dan RCBO

Sebuah instalasi listrik memang sangat dianjurkan untuk menggunakan perangkat keamanan, berupa pemutus sirkuit agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pemutus sirkuit yang sering dijumpai di antaranya adalah MCB, MCCB, RCD, RCCD, dan RCBO. Pemutus sirkuit tersebut sering ditemukan dalam sebuah instalasi listrik, baik dalam rumah ataupun industri. Tujuan penggunaannya tentu saja untuk keselamatan dan mencegah kerusakan alat.

Dari semua peralatan pemutus sirkuit, fungsi utamanya tentu saja untuk keamanan. Akan tetapi, terdapat perbedaan utama, yaitu pada MCB, RCD, dan RCCB digunakan untuk arus rendah, serendah 125 Ampere. Kemudian, untuk MCCB dapat digunakan dalam instalasi berarus tinggi hingga 1000 Ampere. Selajutnya, mari bahas persamaan dan perbedaan dari setiap  perangkat pemutus sirkuit tersebut.

Pengertian MCB dan MCCB

Masih banyak orang yang bingung untuk membedakan antara MCB dan MCCB. Memang keduanya memiliki persamaan yang utama, yaitu sebagai pemutus arus pada sirkuit. Namun, sebetulnya antara MCB dan MCCB memiliki karakteristik tersendiri sehingga keduanya mempunyai peranan yang unik untuk setiap perkerjaan. Berikut adalah penjelasannya.

MCB (Miniature Circuit Breakers)

MCB adalah perangkat elektromekanis yang dapat mematikan sirkuit secara otomatis jika terjadi kelebihan arus/beban atau hubungan arus pendek. MCB yang sudah off/mati maka untuk menghidupkannya kembali harus dilakukan secara manual. Saat ini penggunaan MCB sudah banyak digunakan diberbagai instalasi listrik.

MCCB (Molded Case Circuit Breaker)

MCCB adalah perangkat keamanan kelistrikan yang digunakan ketika arus beban melebihi batas pemutus sirkuit mini. MCCB memberikan perlindungan terhadap kelebihan beban dan gangguan hubung pendek. Perangkat ini memiliki dua pengaturan, yaitu untuk arus lebih dan untuk suhu berlebih.

MCCB terdiri dari kontak bimetalik yang berkontraksi dan mengembang ketika suhu MCCB berubah. MCCB dapat digunakan untuk proteksi bank kapasitor, proteksi generator dan distribusi penyulang listrik utama.

Perbedaan MCB dan MCCB

Di bawah ini adalah perbedaan antara MCB dan MCCB:

  • MCB memiliki kemampuan kurang dari 100 Ampere, sedangkan pada MCCB memiliki kemampuan hingga 2.500 Ampere.
  • Sirkuit tripping pada MCB dapat diperbaiki dan dapat dipindahkan di MCCB.
  • Pada MCB, remote on atau off tidak mungkin, sedangkan di MCCB dimungkinkan dengan cara menggunakan kabel shunt.
  • MCB dapat digunakan untuk kebutuhan daya rendah, seperti untuk keperluan instalasi listrik rumah tangga. Kemudian, MCCB digunakan di daerah dengan kebutuhan energi tinggi, seperti pada industri besar.
  • MCB pada umumnya lebih banyak digunakan pada rangkaian arus rendah, sedangkan MCCB digunakan untuk rangkaian arus berat.

Baca Juga: Relay: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya

Persamaan MCB dan MCCB

Di bawah ini adalah beberapa persamaan yang dimiliki MCB dan MCCB:

  • MCB dan MCCB memberikan elemen perlindungan pada sirkuit.
  • MCB dan MCCB sebagian besar banyak digunakan dalam tegangan rendah atau rangkaian tegangan rendah.
  • MCB dan MCCB dapat mendeteksi dan melindungi sirkuit dari ancaman terjadinya korsleting atau penggunaan arus yang berlebih.

Pengertian RCB, RCD, RCCB, dan RCBO

RCCB (Residual Current Circuit Breaker)

RCCB juga dikenal sebagai RCB atau RCD. RCD adalah singkatan dari Residual Current Device, sedangkan RCB adalah singkatan dari Residual Current Breaker. RCCB adalah perangkat yang dapat memutus sirkuit segera setelah mendeteksi kebocoran arus ke kabel ground. RCCB juga dapat melindungi terhadap sengatan listrik yang disebabkan oleh kontak langsung.

RCBO (Residual Current Breaker with Over-Current)

RCBO adalah perangkat yang mampu memproteksi sirkuit jika terjadi arus berlebih. Perangkat ini dirancang untuk memastikan operasi yang aman dari sirkuit listrik, memicu pemutusan setiap kali ketidakseimbangan terdeteksi. RCBO menggabungkan fungsionalitas dari MCB dan RCD/RCCB. Ketika ada kebocoran arus, RCBO membuat trip seluruh rangkaian.

Persamaan RCD dan RCBO

RCD dan RCBO pada umunya terdapat dalam kotak sekering, yang biasa disebut sebagai unit consumer unit atau breaker panel. Selain itu, keduanya adalah perangkat yang kegunaannya sama-sama untuk keamanan sirkuit.

Perbedaan RCD dan RCBO

RCD dapat melindungi dari sengatan listrik, arus berlebih, dan earth faults. Akan tetapi, RCBO dapat melakukan apa yang dapat dilakukan RCD dan melindungi sirkuit dari korsleting dan kelebihan beban. Hal ini karena RCBO merupakan kombinasi dari MCB dan RCCB.

Perbedaan MCB dan RCD

  • MCB tidak sepenuhnya melindungi manusia dari kejutan listrik atau tersengat listrik. Namun, RCD dapat melindungi manusia dari kejutan listrik.
  • MCB tidak dapat melindungi sirkuit dari earth faults. Akan tetapi, RCD/RCCB mampu untuk melindungi sirkuit listrik dari earth faults.
  • MCB pada umumnya lebih sering digunakan di rumah dan industri, sedangkan RCD lebih sering digunakan di rumah.
  • MCB memiliki opsi pole tunggal, dua, tiga, dan empat. Namun, RCD tidak memiliki opsi tunggal, tetapi memiliki opsi dua, tiga, dan empat.