Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mercedes-Benz EQG Versi Listrik dari G-Class

Mercedes-Benz EQG Desain Exterior

Sudah lebih dari 40 tahun G-Class berada di dunia, dan sejak kemunculannya di tahun 1979 hingga saat ini desainnya nyaris sama. Namun, teknologi terus berkembang dan selalu berupaya untuk membuat inovasi yang berkelanjutan. Mercedes-Benz selaku produsen otomotif, menjawab tantangan ini dengan mengeluarkan berbagai model kendaraan listrik dari setiap lineup yang sudah ada.

G-Class yang merupakan kendaraan dengan kemampuan off-road tangguh juga tidak luput dari elektrifikasi. EQG adalah nama dari G-Class yang versi elektrifikasi. Mercedes-Benz EQG saat ini masih dikeluarkan dalam bentuk mobil konsep, dan rencananya akan siap dijual di tahun 2024.

Desain Mercedes-Benz EQG konsep

Secara sekilias memang desain dari Mercedes-Benz G-Class masih cukup kental nuansanya di EQG konsep. Namun, terdapat beberapa perbedaan mencolok yang menandakan bahwa EQG konsep adalah mobil listrik, seperti di bagian depan sudah tidak ada lagi grill dan digantikan oleh panel hitam yang terdapat lampu membetuk seolah-olah grill juga lambang Mercedes-Benz yang dapat menyala.

Mercedes-Benz EQG Desain Exterior

Di bagian samping, bentuknya masih sangat mirip dengan G-Class. Untuk velg, Mercedes-Benz EQG menggunakan ukuran 22 inci dari bahan alloy. Pada bagian atas, terdapat semacam roof rack yang terdapat lampu strip LED yang berfungsi sebagai high-beem layaknya mobil off-road pada umumnya. Dan di bagian belakang tidak ada lagi ban serep yang ada hanyalah kotak untuk menyimpan piranti alat pengisian daya.

Baca Juga: Memahami EPA, WLTP, dan NEDC | Pengujian Jangkauan Kendaraan Listrik

Interior Mercedes-Benz EQG konsep

Mercedes-Benz EQG konsep masih menggunakan kabin yang standar dengan lineup mobil Meredes-Benz lainnya, seperti halnya G-Class pada saat ini. Namun, sebetulnya itu juga bukan hal yang buruk, karena jika diperhatikan desain kabin mobil Mercedes-Benz pada saat ini juga terbilang modern. Walau begitu, EQG masih tetap konsep dan mungkin saja terjadi perubahan di 2024 nanti.

Mercedes-Benz EQG Desain Interior

Performa Mercedes-Benz EQG

Mercedes-Benz EQG konsep memiliki 4 motor listrik. Setiap roda digerakkan oleh satu motor listrik, dan yang lebih menariknya lagi setiap roda dapat digerakkan secara individual, itu memungkinkan EQG dapat berputar ditempat. Setiap motor listrik juga diatur untuk dapat membagi torsi sehingga mumpuni untuk digunakan off-road. Mercedes-Benz juga menjelaskan jika EQG nantinya akan memiliki gearbox dua kecepatan yang membuat nyaman ketika dikendarai di jalan raya dan medan off-road.

Perkiraan Harga Mercedes-Benz EQG

Jika membahas tentang harga, sebetulnya Mercedes-Benz belum mengungkapkan harga resminya, mengingat ini baru tahap konsep dan rencananya akan dijual pada tahun 2024. Namun, berbagai media di luar negeri sudah banyak yang memperkirakan jika harga akan berkisar di $150.000. Bagaimana, tertarik untuk memilikinya?