Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Koenigsegg Gemera Megacar Bertenaga 1700 bhp dan Torsi 3500 Nm

Jika mendengar kata Koenigsegg apa yang terpikir di dalam benak Anda? Pasti sebuah kendaraan dua pintu yang mempunyai tenaga melimpah atau biasa disebut sebagai hypercar. Merek mobil asal Swedia itu memang dari dulu selalu terkenal membuat mobil dengan performa tinggi. Namun, kali ini ada yang berbeda, biasanya mobil keluaran Koenisegg itu hanya memiliki kapasitas dua penumpang, tetapi pada Koenigsegg yang satu ini memiliki kapasitas empat penumpang.

Koenigsegg Gemera

Mobil tersebut adalah Koenigsegg Gemera, sebuah mobil megacar yang memiliki kapasitas empat penumpang. Namun, menariknya Koenigsegg Gemera hanya memiliki dua pintu. Selain itu, Koenigsegg Gemera juga tidak hanya mengandalkan mesin internal combustion, melainkan juga sudah mengadopsi motor listrik layaknya mobil kekinian saat ini.

Eksterior Koenigsegg Gemera

Pihak Koenigsegg mengungkapkan jika Gemera desainnya mengambil ciri khas dari mobil Koenigsegg yang awal-awal dibuat dahulu sehingga membuat lebih berkarakteristik dan monolitik. Koenigsegg Gemera hanya memiliki dua pintu, tetapi ukurannya panjang karena mencakup dari kursi baris pertama ke baris kedua, bukaannya pun ke atas seperti mobil Koenigsegg pada umumnya.

Koenigsegg Gemera

Koenigsegg Gemera lebih tampil futuristik karena sudah menggunakan berbagai sistem elektronik canggih, seperti tidak adanya kaca spion lagi, melainkan diganti dengan spion kamera. Pada bagian belakang terlihat juga knalpot titanium Akrapovic sehingga meninggalkan kesan yang luar biasa pada tampilan dan suaranya.

Baca Juga: Mercedes-Benz EQG Versi Listrik dari G-Class

Interior Koenigsegg Gemera

Seperti yang dibahas di awal, Koenigsegg Gemera ini memiliki konfigurasi kursi untuk empat orang. Kursi yang di belakang juga nyaman untuk orang dewasa, bahkan untuk orang yang berukuran besar sekalipun. Untuk masuk ke dalam juga mudah karena Gemera tidak mempunyai pilar B yang membuat penumpang masuk jadi lebih leluasa tanpa harus geser-geser kursi.

Koenigsegg Gemera

Pada kabin depan nuansa modern sangat terasa, misalnya layar yang berukuran lumayan besar berada di tengah dan memungkinkan untuk mengatur segala macam hal dari layar tersebut, setir juga berbentuk tidak bulat, melainkan rata di bagian bawah dan atasnya. Gemera secara keseluruhan memiliki 8 buah cup holder, per orang mendapatkan dua, satu untuk pemanas dan satunya lagi untuk pendingin.

Koenigsegg Gemera

Performa Koenigsegg Gemera

Gemera memiliki sumber penggerak dari mesin internal combustion dan tiga buah motor listrik. Pada mesin internal combustion memiliki kapasitas 2.000 cc tiga silinder twin turbo. Namun, walau hanya 2.000 cc Koenigsegg Gemera memiliki tenaga yang luar biasa, yaitu 600 bhp dan torsi 600 Nm. Karena mesinnya yang bertenaga, tetapi denga kapasitas yang kecil, membuat mesin ini dijuluki dengan sebutan Tiny Friendly Giant Twin Turbo.

Pada motor listriknya juga tidak kalah mengesankan, pasalnya dua buah motor listrik yang terpasang untuk setiap roda belakang dapat menghasilkan tenaga hingga 500 bhp dan 1000 Nm untuk setiap motor listrik, dan satu lagi motor listriknya terpasang pada poros engkol yang menghasilkan tenaga 400 bhp dan 500 Nm untuk menggerakkan roda depan (bersama dengan mesin internal combusstion)

Jadi, total output dari Koenigsegg Gemera adalah 1700 bhp - 3500 Nm. Jangkauan jarak tempuh dari Gemera juga mengesankan, yaitu 950 km jika hanya mengadalkan mesin internal combusstion, 50 km jika hanya mengadalkan motor listrik, dan 1000 km jika mengadalkan keduanya.

Harga Koenigsegg Gemera

Harga dari Koenigsegg Gemera menurut berbagai media di luar negri mencapai US$ 1 juta atau setara lebih dari Rp 14 miliar. Harga yang tidak sedikit ini sebetulnya sebanding dengan apa yang didapatkan, mengingat mobil ini termasuk ke dalam jenis megacar.