Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kendaraan Hidrogen untuk Off-Road, Emang Bisa? | Lexus ROV Buggy

Jika Anda mendengar kata off-road pasti yang terpikir di benak kalian adalah sebuah kendaraan bermesin diesel yang tangguh dan kuat. Namun, bagaimana jika sebuah kendaraan off-road menggunakan mesin berbahan bakar hidrogen, apakah bisa? Untuk mengetahui jawabannya simak ulasan lengkap berikut ini.

Lexus ROV Buggy Review

Di tengah maraknya pengembangan teknologi yang ramah lingkungan, perusahaan asal Jepang, Lexus tidak ingin ketinggalan. Kali ini Lexus memperkenalkan kendaraan konsep yang mereka juluki sebagai buggy dan di beri nama Lexus ROV Buggy. Kendaraan buggy ini memiliki kemampuan off-road yang luar biasa. Namun, menariknya mesin yang digunakan bukanlah mesin bensin atau diesel, melainkan mesin berbahan bakar hidrogen yang ramah lingkungan.

Lexus ROV buggy konsepnya adalah sebuah kendaraan off-road yang terbuka dan hanya memiliki konfigurasi dua kursi penumpang. Bentuknya juga kecil, yaitu 3,1 meter untuk panjangnya dan 1,7 untuk lebarnya. Dari depan bentuk desainnya juga unik dengan lampu depan yang menyerupai bentuk lampu mobil Lexus pada umumnya. Sedangkan dari belakang, bentuknya lebih simpel karena hanya terdapat dua lampu saja, dan selebihnya langsung terlihat bagian rangka dan suspensinya.

Lexus ROV Buggy Review

Interior dari Lexus ROV juga tidak seperti mobil Lexus pada umunya, karena ini merupakan sebuah buggy maka hanya terdapat beberapa switch dan inidikator kecepatan saja. Lexus ROV buggy menggunakan transmisi atomatis. Selain itu, pada kendaraan ini juga terdapat mode two-wheel drive, four-wheel drive, atau four-wheel drive dengan differential locked.

Pihak Lexus mengklaim dengan menggunakan mesin berbahan hidrogen membuat konsep Lexus ROV ini hampir tidak mengeluarkan emisi. Walaupun masih menggunakan mesin pembakaran juga, tetapi karena bahan bakarnya hidrogen maka emisi utamanya hanyalah air. Konsep ini sejalan dengan maraknya negara-negara dan konsumen yang mulai sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Baca Juga: Apple akan Meluncurkan Mobil Otonom di Tahun 2025

Konsep Lexus ROV buggy memang diperuntukkan untuk medan off-road saja, seperti di daerah pedesaan atau di area pertanian. Selain itu, Lexus ROV buggy juga dirancang dapat untuk menarik bak atau troli di belakangnya. Jadi, kendaraan ini selain menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, tetapi juga memiliki fungsionalitas yang tidak perlu diragukan.

Oh, iya. Lexus ROV ini memang hanya sebuah konsep dan belum ada keterangan resmi apakah kendaraan konsep ini akan diproduksi secara masal atau tidak. Namun, apabila masuk ke tahap proses produksi masal maka akan memberikan warna baru di dunia otomotif, karena dengan mesin hidrogen dan kemampuan off-road yang mumpuni sehingga akan memberikan pengalaman rasa berkendara yang baru.