Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Mengapa Sarjana Teknik Harus Memahami Gambar Teknik

Sarjana teknik identik dengan pekerjaan yang berhubungan dengan industri, yang mana setiap industri itu selalu mengutamakan yang terbaik untuk produknya. Sebagai sarjana teknik, sudah seharusnya untuk memahami gambar teknik, supaya memudahkan dalam memahami sistem atau piranti-piranti (mesin, kelistrikan, dll) yang digunakan dalam industri tersebut.

Dengan begitu, proses produksi berjalan lancar, sehingga menciptakan produk yang berkualitas. Dalam dunia teknik, gambar teknik juga disebut sebagai bahasa teknik atau bahasa untuk sarjana teknik. Bukan tanpa alasan, pasalnya gambar teknik memiliki fungsi yang signifikan di dunia teknik. Berikut adalah fungsi dari gambar teknik:

gambar teknik penting untuk sarjana teknik

1. Penyampaian Informasi

Dalam sebuah perancangan produk, gambar teknik berperan penting karena berguna sebagai media penyambung antara sang perancang dengan orang-orang yang bersangkutan. Orang yang bersangkutan itu diantaranya, seperti perencenaan proses, pembuatan, pemerikasaan, perakitan, dan sebagainya. Jadi, kebayangkan jika sebuah produk dalam proses gambarnya baik maka proses-proses selanjutnya akan berjalan lancar.

2. Pengawetan, Penyimpanan, dan Penggunaan Keterangan

Gambar teknik bisa dikatan barang yang berharga. Dengan adanya gambar teknik maka semua part dan semua informasi tentang produk tersebut dapat terdokumentasi dengan baik. Ini sangat penting, mengingat setiap produk pasti akan melakukan pambaruan untuk mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen.

Oleh karena itu, untuk melakukan pembaruan atau perbaikan pasti dibutuhkan informasi tentang produk yang bersangkutan. Informasi itu didapatkan dari gambar produk yang sudah dibuat sebelumnya, sehingga rencana-rencana baru untuk kemudian hari dapat disusun dengan baik. Maka dari itu, dalam penyimpanan gambar teknik selalu diberikan kodifikasi nomor urut gambar.

3. Cara-cara Pemikiran Dalam Penyiapan Informasi

Sarjana teknik mutlak harus menguasai gambar teknik, dengan begitu semua gagasan yang ada dari setiap pemikiran akan dapat terlampiaskan dengan baik dan benar. Contohnya, pada saat akan membuat rancangan pasti membutuhkan proses yang panjang, dari mulai mencari ide atau gagasan untuk produk tersebut, menuangkannya dalam sebuah gambar, menganalisa kembali dengan gambar apakah produk tersebut sudah tepat apa belum. Hingga akhirnya, didapatkan sebuah gambar yang sempurna.

Dalam penyampaian informasi, gambar sangat berperan penting. Apabila gambar yang disiapkan sudah sempurna maka dalam proses peyampaiannya akan mudah dipahami mana yang menjadi keunggulan dan mana yang menjadi kekurangannya.