Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tata Surya Terdiri dari Matahari dan Semua Benda Angkasa yang Mengelilinginya

A. Pengertian Tata Surya

Tata surya adalah kumpulan dari benda langit yang terdiri dari planet, asteroid, komet, dan meteorid. Semuanya mengelilingi sebuah bintang yang disebut dengan matahari.

Planet yang termasuk mengelilingi matahari ada 8, yaitu merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus. Pluto tidak dapat digolongkan sebagai pelanet lagi karena pada periode tertentu menghilang tidak mengedari matahari dan ukurannya tergolong kecil.

Rotasi adalah waktu yang diperlukan planet untuk berputar pada porosnya. Sedangkan revolusi adalah waktu yang digunakan planet untuk mengelilingi matahari. Planet memiliki kala rotasi dan kala revolusi yang berbeda-beda

Tabel perbandingan massa matahari dan planet-planet dengan bumi (jika bumi = 1):

Masa matahari = 1,99x1030 kg
Massa bumi = 66x10²⁴ kg

Tabel. Jarak rata-rata antara matahari dan planet-planet


B. Matahari sebagai Bintang

Matahari dapat dikatakan sebagai bintang, karena dapat memancarkan cahaya sendiri. matahari adalah pusat tata surya. Matahari merupakan bola gas bercahaya yang suhu bagian dalamnya sekitar 15.000.000 °C dan suhu permukaannya sekitar 6.000.000 °C.

Matahari memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik yang meliputi: sinar gamma, sinar-X, sinar ultra violet, cahaya tampak (cahaya : ungu, biru, hijau, kuning, jingga, merah), sinar infra merah, dan gelombang radio.

Massa matahari sekitar 333.400 kali masa bumi, massa ini setiap saat selalu berkurang, karena matahari terus menerus memancarkan energi, yang tidak lain berasal dari massa matahari. Energi yang dipancarkan oleh matahari berasal dari reaksi fusi yaitu reaksi penggabungan inti-inti hydrogen menjadi inti helium.

Bahan-bahan penysun matahari sebagai berikut:

  • Unsur hidrogen ± 76 %
  • Unsur helium ± 21 %
  • Unsur lainnya ± 3 %

C. Planet

Planet adalah benda astronomi yang mengorbit pada sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri. Planet-planet yang jaraknya dari matahari lebih dekat dari pada jarak bumi-matahari disebut planet dalam. Sedangkan planet-planet yang jaraknya dari matahari lebih jauh dari pada jarak bumi-matahari disebut sebagai planet luar.

Sehingga planet dalam meliputi planet merkurius dan venus, sedangkan planet luar meliputi planet mars, yupiter, saturnus, uranus dan neptunus.


D. Asteroid

Asteroid adalah planet-planet kecil yang mengelilingi matahari. Terbentuknya asteroid diperkirakan bersamaan dengan terbentuknya planet-planet utama.

Asteroid jumahnya ditaksir sekitar 90.000 buah, yang terbesar bergaris tengah 750 Km, yaitu cares. Orbit asteroid ada yang hampir lingkaran sempurna, tetapi kebanyakan lonjong atau elips.


E. Komet

Komet adalah benda langit yang lintasannya berbentuk sangat lonjong mengedari matahari. Jumlah komet yang mengembara di pinggiran tata surya kita ini ditaksir 100 milyar buah.


F. Meteor

Meteor adalah benda angkasa yang bergerak cepat, sehingga ketika memasuki bumi timbul panas dan cahaya. Meteor terdiri dari pecahan-pecahan komet. Bila sebuah komet hancur berjuta-juta pecahannya terus beredar di angkasa, yang sesekali ada meteor terlepas dari orbitnya dan ada yang sampai ke atmosfir bumi.


G. Satelit

Satelit adalah pengiring planet. Satelit beredar mengelilingi planet dan bersama-sama mengelilingi matahari. Planet-planet yang memiliki satelit hanya ada enam buah saja. Masing-masing adalah:

  • Bumi : satelitnya ada 1
  • Mars : satelitnya ada 2
  • Yupiter : satelitnya ada 12
  • Saturnus : satelitnya ada 10
  • Uranus : satelitnya ada 5
  • Neptunus : satelitnya ada 2
Sedangkan ketiga planet yang lain, yaitu merkurius, venus, dan pluto tidak mempunyai satelit.