Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Magnet, Kutub Magnet, Jenis, dan Cara Buat

Magnet adalah suatu bahan atau benda yang mempunyai medan magnet yang dapat menarik benda-benda tertentu. Medan magnet adalah suatu daerah atau ruang di sekitar magnet yang masih memiliki efek magnet. Benda-benda yang ada di alam ini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu bahan magnetik dan bahan non magnetik.

a. Bahan magnetik atau lebih dikenal feromagnetik, yaitu bahan yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet. Bahan magnetik yang dapat dijadikan magnet di antaranya: besi, baja, nikel, kobal, dan lain sebagainya.

b. Bahan nonmagnetik dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu paramagnetik adalah bahan yang ditarik oleh magnet dengan gaya yang lemah, contoh: alumunium, platina. Kemudian, diagmagnetik adalah bahan yang ditolak dengan gaya lemah oleh magnet. contoh: seng, emas, bismut.

Jenis Magnet Menurut Bentuknya

Magnet diberi nama sesuai dengan bentuknya, seperti pada gambar di bawah ini.

Jenis Magnet Menurut Bentuknya

Keterangan:

  1. Magnet jarum
  2. Magnet batang
  3. Magnet silinder
  4. Magnet ladam/U

Kutub Magnet

Setiap magnet (kecuali magnet silinder) memiliki dua buah kutub. Kutub magnet adalah bagian magnet yang memiliki gaya tarik paling kuat, sedangkan bagian tengah (sumbu magnet) merupakan bagian netral atau bagian yang tidak mempunyai gaya tarik.

Kutub Magnet

Magnet yang dapat bergerak bebas pada sumbu vertikal, seperti jarum kompas kutub-kutubnya akan selalu menunjukkan arah kira-kira arah utara dan selatan bumi. Kutub yang selalu menunjuk arah utara dinamakan kutub utara magnet dan kutub yang selalu menunjukkan arah selatan dinamakan kutub selatan magnet.

Kutub Magnet

Magnet memiliki interaksi antar kutub-kutubnya seperti pada gambar di atas. Kutub magnet yang sejanis (senama U-U atau S-S) bila didekatkan akan saling tolak menolak, sedangkan kutub-kutub magnet yang tak senama bila didekatkan akan saling tarik-menarik.

Medan Magnet

Medan magnet adalah ruangan disekitar magnet yang masih ada pengaruh gaya magnet. Daerah yang masih ada pengaruh inilah yang disebut medan magnet.

Medan Magnet

Bila sebuah magnet batang diletakkan di bawah kertas karton. Kemudian, di atas kertas karton itu ditaburi serbuk besi maka serbuk besi itu akan membentuk pola garis-garis gaya magnet yang menggambarkan medan magnet.

Teori Magnet Elementer (Hipotesis Weber)

Sebuah magnet batang jika dipotong-potong akan menjadi magnet yang lengkap dengan kutub-kutubnya, seperti pada gambar di bawah.

Hipotesis Weber

Benda magnetik tersusun dari magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer, yang masing-masing mempunyai kutub utara dan kutub selatan. Pada besi, magnet-magnet elementer mudah diarahkan, sedangkan pada baja magnet elementernya tidak mudah untuk diarahkan.

Pada besi dan baja yang tidak bersifat magnet, kedudukan elementernya tidak searah dan kebanyakan susunannya berbentuk lingkaran.

Hipotesis Weber

Pada besi atau baja yang bersifat magnet, susunan magnet elementernya teratur, kutub-kutub yang sejenis menghadap pada satu arah.

Baca Juga: Bumi Memiliki Sifat Magnet

Sifat-Sifat Magnet

Apa saja sifat-sifat magnet? Jadi, magnet memiliki sifat seperti berikut:

  • Semua magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan
  • Magnet menarik bahan feromagnetik, seperti besi, nikel, dan kobalt.
  • Gaya magnet lebih kuat di kutub daripada di tengah.
  • Magnet yang tergantung bebas selalu menunjuk ke arah Utara-Selatan.
  • Ada dua jenis magnet, yaitu magnet permanen dan magnet temporer. Magnet permanen tetap termagnetisasi bahkan tanpa pengaruh medan magnet luar. Sedangkan magnet temporer akan kehilangan sifat kemagnetannya ketika dikeluarkan dari medan magnet luar, seperti peniti besi.

Cara Menyimpan Magnet

Agar sifat kemagnetannya lebih awat dan tidak mudah hilang, cara penyimpanan dapat dilakukan dengan menempelkan angker (besi) di kutubnya.

Cara Menyimpan Magnet

Membuat Magnet

Magnet dapat dibuat dengan cara-cara seperti berikut:

1. Cara menggosok

Caranya dengan menggosokan besi atau baja dengan salah satu kutub dalam satu arah.

Cara Membuat Magnet

2. Menggunakan arus listrik searah (DC)

Caranya dengan melilitkan penghantar berisolasi yang dialiri arus listrik searah (DC) pada besi atau baja. Magnet yang dibuat dengan cara seperti ini disebut elektromagnet (magnet listrik).

Cara Membuat Magnet

3. Induksi

Benda bukan magnet, misalnya besi atau baja. Jika berada dekat dengan magnet akan bersifat sebagai magnet. Sifat kemagnetan pada besi atau baja seperti ini dinamakan magnet induksi. Magnet induksi bersifat sementara, yaitu selama berada dekat dengan magnet.

Cara Membuat Magnet

Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan

Sebuah magnet permanen akan hilang sifat kemagnetannya jika:

  1. Dipukul-pukul dengan palu.
  2. Melilitkan penghantar yang dialiri arus listrik AC (bolak-balik).
  3. Dipanaskan atau dibakar sampai membara.