Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sifat Magnet Bumi, Sudut Deklinasi, dan Inklinasi

Pernahkah kalian mengamati mengapa jarum kompas selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Sebenarnya apasih yang membuat hal itu dapat terjadi?

Jadi, jarum kompas selalu menunjukkan arah kira-kira arah utara dan selatan, hal ini terjadi karena pengaruh kemagnetan bumi. Bumi dapat dipandang sebagai sebuah magnet yang sangat besar. Letak kutub-kutub magnet bumi berada di sekitar kutub-kutub bumi. Kutub utara magnet bumi terletak di sekitar kutub selatan bumi dan kutub selatan magnet bumi terletak di sekitar kutub utara magnet bumi.

Sifat Magnet Bumi
(Sumber : Livescience.Com)

Dalam membaca kompas, terdapat hal utama yang perlu diketahui, yaitu sudut deklinasi dan sudut inklinasi. Apa yang dimaksud dengan deklinasi dan inklinasi? Berikut adalah penjelasan tentang pengertian sudut deklinasi dan inklinasi.

Pengertian Sudut Deklinasi

Deklinasi adalah penyimpangan arah yang ditunjuk jarum kompas dengan arah utara selatan yang sebenarnya (arah utara-selatan geografis). Hal ini terjadi karena letak kutub-kutub magnet bumi tidak berimpit dengan kutub-kutub bumi geografis. Sudut yang dibentuk arah utara-selatan dengan arah yang ditunjuk jarum kompas disebut sudut deklinasi.

Pengertian Sudut Deklinasi
(Gambar Sudut Deklinasi)

Baca Juga: Magnet: Pengertian, Jenis, Cara Buat, dan Hal Penting Lainnya

Pengertian Sudut Inklinasi

Inklinasi adalah penyimpangan arah yang ditunjuk oleh jarum kompas terhadap arah mendatar (horizontal). Sudut yang dibentuk oleh arah horizontal dengan arah jarum kompas disebut sudut inklinasi. Daerah katulistiwa magnet bumi memiliki sudut inklinasi 0° dan disebut daerah aklin. Sedangkan daerah kutub-kutub magnet bumi memiliki sudut inklinasi kurang lebih 90°.

Pengertian Sudut Inklinasi
(Gambar Sudut Inklinasi)