Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solar Water Pump Portable

Sumber energi di alam ini sangatlah melimpah. Sumber energi terbagi menjadi dua, yaitu sumber energi yang mudah atau cepat dalam pemberbaharuannya dan sumber energi yang susah atau lama dalam proses pembaharuannya.

Solar water pump portable dibuat untuk menggantikan pompa air yang biasanya menggunakan mesin diesel, digantikan dengan pompa air yang menggunakan solar cell dan memanfaatkan energi Matahari sebagai sumber energi utamanya.

Solar water pump portable sangat cocok untuk irigasi pertanian yang di saat musim kemarau sangat membutuhkan pompa air sebagai alat bantu proses irigasi.

Selain itu, solar water pump portable juga memiliki banyak keunggulan, yaitu sumber energi yang murah dan mudah didapat, pengoperasian yang mudah, serta proses maintenance yang juga lebih mudah dibanding pompa air diesel.

Untuk masalah safety pada Solar water pump portable ini, sangat aman. Karena pompa air yang digunakan tegangannya rendah, yaitu hanya 12V DC.

Karena jenis pompa yang digunakan adalah pompa celup maka batas celup maksimumnya 4 m di bawah permukaan air.

Serta daya dorong pompa air maksimum 10 m dan apabila ingin digunakan pada malam hari pun bisa, karena alat ini menggunakan accu atau aki sebagai tempat penyimpanan energi.

Solar water pump portable

Skema dari alat solar water pump portable:

Skema Solar water pump portable

Berikut adalah penjelasannya:

  1. Solar cell atau panel surya adalah alat yang mengubah energi Matahari menjadi listrik DC (listrik searah). Panel surya yang digunakan adalah tipe Monocrystalline berdaya 100 Wp dengan spesifikasinya tegangan Max 17 Volt dan arus Max 5,6 Ampere.
  2. Solar control charge gunanya untuk mengontrol tegangan yang masuk ke baterai atau ke beban. SCC yang digunakan adalah tipe PWM (Pulse Width Modulation) 10 A. Alasan yang menggunakan PWM adalah karena panel surya yang digunakan >200 W.
  3. Battery atau baterai gunanya selain untuk menyimpan muatan listrik, tetapi juga dapat sebagai penyeimbang listrik yang digunakan oleh pompa, mengingat cuaca terkadang cerah, tetapi juga bisa mendung. Baterai yang digunakan adalah baterai aki kering 12 Volt 12 Ah.
  4. Water pump atau pompa air gunanya sebagai pengambil air dari sumber air ke area yang dituju. Pompa air yang digunakan adalah pompa air jenis celup, yaitu pompa yang penggunaannya dicelupkan langsung ke air. Spesifikasinya 60 W atau 12 Volt 5,4 Ampere.