Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Efek Fotovoltaik dan Mengapa Sel Surya Menghasilkan Listrik?

Pengertian Fotovoltaik

Fotovoltaik atau Photovoltaic (PV) adalah proses konversi dari energi cahaya menjadi energi listrik pada tingkat atom. Efek fotovoltaik pertamakali ditemukan pada tahun 1839, oleh fisikawan asal Perancis yang bernama Edmund Bequerel. Hingga saat ini, teknologi fotovoltaik masih diterapkan pada sel surya.

Alasan Mengapa Sel Surya Menghasilkan Listrik

Sel surya terbuat dari bahan semikonduktor, seperti silikon. Sel surya pada dasarnya adalah media untuk terjadinya efek fotovoltaik. Proses terjadinya fotovoltaik pada sel surya adalah sebagai berikut:

Pengertian Fotovoltaik
(Ilustrasi cara kerja sel surya)

Saat energi foton cahaya mengenai semikonduktor tipe N, elektron-elektron pada semikunduktor tipe N dapat terbebaskan. Selanjutnya, elektron yang sudah terbebaskan disambungkan ke semikonduktor tipe P, sehingga eletron dari tipe N mengalir ke tipe P dan terjadilah arus listrik.

Arus listrik yang dihasilkan sel surya adalah arus listrik DC (searah), sehingga energi listrik yang dihasilkan dapat disimpan ke baterei. Namun, untuk menjadikan arus listrik AC (bolak-balik) perlu menambahkan piranti tambahan, yaitu Inverter.