Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Cara Kerja Sistem AC Ruangan

AC (Air Conditioner) ruangan sangat penting keberadaannya karena memiliki beberapa manfaat yang signifikan, terutama dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan sehat di dalam ruangan.

Di perkotaan, AC ruangan seperti menjadi suatu hal yang wajib ada di setiap rumah, gedung perkantoran, dan berbagai bangunan lainnya. Ini karena AC ruangan memiliki beberapa fungsi yang memang sangat diperlukan.

Berikut adalah beberapa fungsi AC ruangan yang sangat penting:

1. Pengaturan suhu

AC ruangan memungkinkan untuk mengatur suhu dalam ruangan sesuai dengan preferensi pengguna. Ini sangat penting untuk kenyamanan, terutama di daerah dengan iklim yang ekstrem.

AC dapat membantu mendinginkan ruangan pada hari yang panas atau memanaskan ruangan saat cuaca dingin.

2. Pengendalian kelembaban udara

AC juga membantu mengendalikan kelembaban udara di dalam ruangan. Kelembaban yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan kerusakan pada barang-barang sensitif, seperti buku, elektronik, atau peralatan rumah tangga.

AC yang baik dapat mengurangi kelembaban udara yang berlebihan dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

3. Penyaringan udara

Banyak AC dilengkapi dengan filter udara yang membantu menyaring partikel-partikel debu, polutan, dan alergen dari udara yang masuk ke dalam ruangan.

Komponen Utama pada AC Ruangan

1. Kondensor

Kondensor berfungsi mengubah refrigerant dari gas bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi, menjadi cairan bertekanan rendah dan bersuhu tinggi. Proses ini melibatkan pelepasan panas ke lingkungan sekitar.

2. Kompresor

Kompresor adalah unit penggerak atau power unit dari sistem AC. Saat AC dinyalakan, kompresor akan menghisap refrigerant berupa gas yang bertekanan rendah dan kemudian memampatkannya menjadi gas bertekanan tinggi. Gas bertekanan tinggi ini kemudian akan diteruskan ke kondensor.

3. Evaporator

Evaporator berperan dalam menyerap panas dari udara sekaligus mengubah refrigerant dari zat cair menjadi gas setelah melewati pipa kapiler.

Evaporator akan mengalirkan refrigerant yang lebih dingin ke dalam ruangan, sehingga udara di sekitarnya menjadi lebih dingin.

4. Pipa Kapiler

Pipa kapiler adalah saluran sempit yang bertugas menurunkan tekanan refrigerant dan mengatur aliran menuju evaporator.

Pipa kapiler berperan penting dalam mengontrol pergerakan refrigerant, dan memastikan terjadinya perubahan fase dari zat cair menjadi gas di evaporator.

Cara Kerja Sistem AC Ruangan

Cara Kerja AC
(Gambar ilustrasi cara kerja AC - Sumber: creativebooster.net)

AC menggunakan campuran kimia yang disebut refrigerant, yang dapat mengalami fase konversi antara cairan dan gas.

AC memanfaatkan sifat-sifat ini untuk menyerap panas dari udara di dalam ruangan dan mengembalikan udara yang telah didinginkan ke ruangan.

Ketika AC beroperasi, refrigerant berada dalam bentuk cair, dan melewati kumparan evaporator yang terletak di dalam unit AC.

Udara panas di dalam ruangan mengalir melalui kumparan evaporator, dan panas dari udara tersebut ditransfer ke refrigerant. Akibatnya, refrigerant mengalami penguapan dan berubah menjadi gas.

Proses penguapan refrigerant ini menyerap panas dari udara di dalam ruangan, sehingga udara tersebut menjadi lebih dingin.

Udara yang telah didinginkan kemudian didistribusikan kembali ke ruangan oleh kipas AC untuk menjaga suhu ruangan tetap nyaman.

Selanjutnya, refrigerant gas yang telah mengambil panas dari udara dalam ruangan, akan melewati kumparan kondensor yang terletak di luar unit AC.

Di kumparan kondensor, refrigerant gas dikompresi oleh kompresor, dan panas yang terkandung dalam refrigerant dilepaskan ke lingkungan luar.

Setelah itu, refrigerant yang telah melepaskan panas akan kembali menjadi cairan, dan dikembalikan ke kumparan evaporator untuk memulai siklus pendinginan lagi.

Dengan demikian, AC menggunakan sifat-sifat fase konversi refrigerant antara cairan dan gas, untuk menyerap panas dari udara dalam ruangan, dan mengembalikan udara yang telah didinginkan ke ruangan.

AC rumah tangga umumnya menggunakan sistem terpisah, yaitu memisahkan bagian panas dan dingin.

Dengan memisahkan bagian panas dan dingin, memungkinkan efisiensi yang lebih baik dalam pendinginan ruangan, serta mengurangi kebisingan di dalam ruangan.