Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal 8 Alat Ukur Suhu dan Fungsinya

Suhu adalah ukuran dari panas atau dingin suatu benda atau sistem. Suhu dapat diukur dan dinyatakan dalam berbagai skala, seperti Fahrenheit dan Celsius, itu merupakan skala suhu yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Suhu juga menggambarkan arah aliran energi panas secara spontan, yaitu bergerak dari objek yang memiliki suhu lebih tinggi (panas) ke objek yang memiliki suhu lebih rendah (dingin).

Alat Ukur Suhu

Skala Suhu

Terdapat beberapa skala suhu, tetapi yang umum digunakan ada tiga, yaitu Celsius, Fahrenheit, dan Kelvin. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

1. Celsius (°C)

Skala suhu Celsius merupakan skala yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Skala Celsius adalah skala suhu yang didesain supaya titik beku air berada pada 0 derajat, dan titik didih pada 100 derajat di tekanan atmosferik.

2. Fahrenheit (°F)

Skala suhu Fahrenheit banyak digunakan di Amerika Serikat dan beberapa negara berbahasa Inggris lainnya. Titik beku air pada skala Fahrenheit adalah 32 derajat Fahrenheit, dan titik didih air adalah 212 derajat Fahrenheit.

3. Kelvin (K)

Skala Kelvin berdasarkan pada nol mutlak, yaitu titik terendah yang dapat dicapai oleh materi. Nol Kelvin (0 K) menunjukkan ketiadaan energi sama sekali. Kemudian, dalam skala Kelvin titik beku air adalah 273,15 Kelvin dan titik didihnya 373,15 Kelvin.

Selain ketiga skala suhu di atas, ada juga skala suhu lainnya yang kurang umum digunakan, seperti Rankine dan Réaumur.

8 Alat Ukur Suhu

Alat ukur suhu terdapat cukup banyak, setiap alat ukur menggunakan metode atau sistem yang berbeda, berikut adalah contoh delapan alat ukur suhu:

1. Termometer digital

Alat ini menggunakan sensor elektronik untuk mengukur suhu dan menampilkan hasilnya dalam bentuk digital di layar.

2. Termometer raksa

Termometer raksa menggunakan raksa sebagai bahan pengembangannya. Perubahan volume raksa dalam tabung termometer diindikasikan oleh skala yang terkait untuk membaca suhu.

3. Termometer infrared

Termometer ini menggunakan sinar inframerah untuk mengukur suhu permukaan dan tanpa kontak langsung. Alat ini berguna untuk mengukur suhu objek yang sulit dijangkau atau bergerak dengan cepat.

4. Termokopel

Termokopel adalah sensor suhu yang terdiri dari dua kawat logam berbeda yang dihubungkan pada satu ujung. Perbedaan suhu antara kedua ujung termokopel menghasilkan tegangan yang proporsional dengan suhu.

5. Termistor

Termistor adalah jenis resistor khusus yang nilai resistansinya berubah secara signifikan dengan perubahan suhu. Perubahan resistansi ini digunakan untuk mengukur suhu.

6. Resistance Temperature Detectors (RTD)

RTD adalah sensor yang digunakan untuk mengukur suhu. Banyak elemen RTD terdiri dari kawat halus panjang yang dililitkan pada inti keramik atau kaca tahan panas.

7. Pirometer

Pirometer atau termometer radiasi adalah alat untuk mengukur suhu suatu permukaan objek dari jarak jauh, berdasarkan jumlah radiasi termal yang dipancarkan.

8. Probe Langmuir

Probe langmuir adalah perangkat yang digunakan untuk menentukan suhu elektron, kerapatan elektron, dan potensial listrik plasma.