Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lampu LED: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan

Lampu LED adalah lampu listrik yang menghasilkan cahaya menggunakan light-emitting diodes (LED). Lampu LED secara signifikan lebih hemat energi, daripada lampu pijar, lampu halogen, dan lampu fluorescent. Lampu LED yang tersedia secara komersial, bahkan dapat memiliki efisiensi hingga 200 lumen per watt (Lm/W).

Selain lebih ramah lingkungan, lampu LED juga memiliki umur atau masa pakai lebih lama, daripada lampu pijar, lampu halogen, dan lampu fluorescent.

Saat ini lampu LED sudah sangat populer di Indonesia. Hal ini terjadi karena sudah banyak produsen lampu LED, baik lokal maupun dari luar negeri yang mulai memasarkan produknya di Indonesia, sehingga harganya bisa lebih terjangkau.

Selain itu, masyarakat juga sudah cermat dalam memilih perangkat penerangan di huniannya.

Apakah Anda sudah beralih ke lampu LED? Jika belum, mungkin sekarang adalah waktunya :)

Baca Juga: Lampu Fluorescent: Prinsip Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan

Jenis-jenis Lampu LED

1. Lampu LED Standar

Lampu LED Standar

Lampu LED standar adalah lampu yang bentuknya seperti bohlam biasa, tetapi sudah menggunakan teknologi LED.

Jenis ini sudah banyak digunakan karena memang cocok untuk pencahayaan rumah dan kantor (bisnis).

Lampu LED jenis ini biasanya tidak dilengkapi dengan tambahan apa pun, seperti dapat berubah warna atau terhubung ke sistem smart home.

Namun, LED standar adalah jenis lampu LED yang paling terjangkau, menjadikannya pilihan cemerlang untuk penerangan.

2. Lampu LED yang dapat diredupkan (Dimmable LED Lights)

Dimmable LED Lights

Lampu LED yang dapat diredupkan adalah opsi yang relatif umum yang memberi pengguna fitur untuk mengontrol kecerahan cahaya dengan saklar peredup yang kompatibel.

Beberapa lampu LED yang dapat diredupkan memerlukan saklar peredup fisik agar berfungsi, meskipun banyak yang dapat dikontrol melalui sistem smart home atau aplikasi seluler.

Lampu ini sangat cocok untuk Anda yang betah berlama-lama di rumah atau ruangan, di mana dengan menambah atau mengurangi kecerahan LED, membuat suasana menjadi tidak membosankan.

3. Lampu LED Track (Track LED Lights)

Lampu LED Track

Lampu LED track ditujukan untuk penerangan arah, penerangan untuk area kerja, dan menyoroti fitur dekoratif rumah.

Lampu LED track perlu dipasang pada jalur pencahayaan yang kompatibel. Lampu ini dapat digerakkan di sepanjang lintasan dan arah cahayanya dapat disesuaikan untuk memfokuskan sinar ke area atau objek tertentu.

Lampu LED track dapat membantu Anda memaksimalkan ruangan yang kecil.

4. Lampu LED Can (Can LED Lights)

Lampu LED Can

Lampu LED can (kaleng) dirancang khusus agar sesuai dengan soket lampu sehingga terlihat kamuflase atau tersembunyi.

LED ini memiliki reflektor bawaan untuk membantu mengarahkan cahaya ke bawah dan keluar dari bohlam untuk sinar yang lebih panjang dan jangkauan yang lebih luas.

Lampu LED can tersedia dengan berbagai fitur, di antaranya ada yang dapat diredupkan, RGB (merah, hijau, biru) LED yang berubah warna, dan kompatibel dengan sistem smart home.

5. Lampu LED Smart (Smart LED Lights)

Lampu LED Smart

Lampu LED smart atau pintar mampu terintegrasi dengan sistem smart home yang ada, memungkinkan pengguna mengontrol lampu dengan perintah suara atau melalui aplikasi seluler.

Lampu ini juga dapat dilengkapi dengan fitur perubahan warna, kontrol suhu warna, dan fungsi peredupan sehingga memungkinkan untuk menyesuaikan pencahayaan rumah Anda sepenuhnya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun, untuk berinteraksi dengan lampu smart LED, perlu dihubungkan melalui Wi-Fi atau Bluetooth ke perangkat yang kompatibel.

Jika lampu tidak terhubung ke Wi-Fi atau Bluetooth, lampu masih dapat dinyalakan dan dimatikan dengan saklar lampu, tetapi banyak fitur lain yang mungkin tidak dapat diakses karena keterbatasan saklar lampu fisik.

6. Lampu LED Tabung (Tube LED Lights)

Tube LED Lights

Banyak perkantoran memasang lampu LED tabung sebagai pengganti lampu fluorescent karena lampu LED tabung adalah opsi efisiensi tinggi yang tersedia dalam berbagai suhu warna agar sesuai dengan ruang kerja apa pun.

LED ini menawarkan pilihan fungsional untuk menerangi ruang kerja profesional, dapur, dan gedung perkantoran.

Walau harga lampu LED tabung lebih mahal daripada lampu fluorescent, tetapi lampu LED tabung lebih efisien dan masa pakai yang lebih lama.

7. Lampu LED Security (LED Security Lights)

LED Security Lights

Memasang lampu LED security (keamanan) adalah ide bagus untuk membantu melindungi rumah Anda. Banyak lampu LED security memiliki sensor senja hingga fajar yang mendeteksi tingkat cahaya sekitar dan secara otomatis menyalakan lampu saat hari sudah cukup gelap.

Lampu LED security juga memiliki sensor gerak. Saat gerakan terdeteksi, lampu otomatis menyala, langsung menyinari penyusup dalam sorotan yang menyilaukan. Ini seringkali cukup untuk menakut-nakuti hewan yang mendekati rumah dan dapat bertindak sebagai pencegah terhadap penjahat.

8. Lampu LED Dekoratif (Decorative LED Lights)

Lampu LED dekoratif

Lampu LED dekoratif terdapat dalam berbagai macam gaya, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Lampu LED dekoratif warna-warni cocok untuk menghiasi atap, atau lampu sorot LED dekoratif yang dapat untuk menerangi rumah dengan warna merah atau hijau cemerlang. Intinya lampu ini dapat meningkatkan tampilan estetika ruang.

9. Lampu LED Strip (LED Light Strips)

Lampu LED Strip

Lampu LED strip memiliki desain bawaan dengan pita bahan yang dapat menampung seluruh baris LED.

Lampu LED strip sering kali dilengkapi dengan lapisan perekat sehingga dapat dipasang ke dinding, langit-langit, lantai, meja komputer, atau permukaan datar dan bersih lainnya yang memenuhi panduan produsen.

Namun, tidak semua lampu strip LED memiliki lapisan perekat yang disertakan, jadi Anda mungkin perlu menggunakan metode berbeda untuk memasang lampu.

Beberapa strip lampu LED juga dilengkapi dengan remote dan mikrofon internal yang mendeteksi suara musik sekitar dan merespons dengan mengubah warna atau berkedip mengikuti ritme.

10. Lampu LED Spektrum Penuh (Full-Spectrum LED Lights)

Lampu LED Spektrum

Biasanya disebut sebagai lampu RGB, lampu LED spektrum penuh mampu menghasilkan berbagai temperatur warna dan cahaya berwarna.

Biasanya, lampu ini dilengkapi dengan remote control atau ada juga yang dapat terhubung ke perangkat seluler melalui aplikasi.

Dengan menggunakan remote atau aplikasi, Anda dapat mengubah warna lampu menjadi salah satu dari ribuan opsi berbeda.

Lampu LED spektrum penuh dapat digunakan sebagai sumber cahaya utama untuk sebuah ruangan, meski lebih sering digunakan untuk pencahayaan "suasana hati" atau untuk pencahayaan aksen dekoratif.

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

Semua produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tanpa terkecuali lampu LED.

Mengetahui setiap kelebihan dan kekurangan sebuah produk dapat membantu Anda untuk memilih mana produk atau barang yang sesuai untuk Anda gunakan.

Oleh karena itu, di bawah ini sudah dirangkum kelebihan dan kekurangan lampu LED.

Kelebihan lampu LED:

  • Lampu LED memiliki umur yang panjang dibandingkan dengan jenis lampu lainnya.
  • Lampu LED tersedia dalam berbagai warna.
  • Lampu LED lebih andal.
  • LED lebih efisien untuk digunakan di bawah suhu dingin.

Kekurangan lampu LED:

  • Lampu LED lebih mahal dibandingkan dengan jenis lampu lainnya.
  • Lampu LED bisa rusak karena tegangan tinggi (kadang-kadang).
  • Lampu LED sedikit efektif di area luas.
  • Lampu LED menyebabkan pembuangan panas mundur (backward heat dissipation).