Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lampu Tenaga Surya yang Ramah Lingkungan

Lampu Tenaga Surya

Lampu atau penerangan sangat penting sekali untuk membantu kegiatan manusia, utamanya di malam hari. Hal paling penting untuk mengoperasikan lampu adalah ketersediaannya listrik.

Pada daerah perkotaan listrik memang sudah terdistribusi dengan baik. Namun, harus diakui untuk daerah di pedesaan, listrik memang belum terdistribusi secara menyeluruh, kalau pun ada itu juga tidak sebagus di perkotaan karena seringnya terjadi pemadaman listrik.

Lampu tenaga surya adalah salah satu solusi tepat, yang dapat digunakan untuk daerah yang sulit akan ketersediaan listrik.

Selain itu, lampu surya juga dapat digunakan di perkotaan, seperti pada taman, lapangan, penerang jalan, dan lain sebagainya.

Seperti namanya, lampu surya mengandalkan cahaya Matahari untuk sumber tenaga listriknya. Dengan begitu, tidak akan ada polusi udara layaknya sumber energi listrik yang masih bergantung pada energi fosil.

Prinsip Kerja Lampu Tenaga Surya

Lampu tenaga surya umumnya menggunakan LED karena lebih efisien.

Selain itu, sistem yang digunakan pada lampu surya sepenuhnya 'off-grid', yaitu sistem penerapan tenaga surya yang sudah tidak bergantung dengan jaringan listrik PLN, atau sudah full menggunakan energi matahari saja.

Prinsip dasar kerjanya adalah sel surya mengubah cahaya Matahari menjadi energi listrik, di mana outputnya arus searah (DC).

Selanjutnya, energi listrik yang sudah dihasilkan, arus dan tegangannya harus dikontrol, caranya dengan menggunakan SCC (Solar Charge Controller).

Kemudian, dari SCC energi listrik di-charge atau diisikan ke baterai.

Energi listrik yang sudah tersimpan pada baterai dapat digunakan untuk menghidupkan lampu di malam hari.

Proses ini berulang setiap hari dan dapat menjadi sumber energi berkelanjutan ramah lingkungan.

Baca Juga: Perbedaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya On-Grid, Off-Grid, dan Hybrid

Keuntungan Menggunakan Lampu Tenaga Surya

Menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi listrik memiliki banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan jika Anda menggunakan lampu tenaga surya:

1. Ramah lingkungan

Menggunakan lampu tenaga surya memainkan peran utama dalam mengurangi jejak karbon global yang menjadi masalah saat ini, karena mengurangi penggunaan sumber energi tak terbarukan.

Perlu diketahui, bahwa penggunaan energi fosil sangat mengancam kelestarian alam di Bumi, sehingga sudah saatnya menggunakan energi terbarukan dan ramah lingkungan, seperti energi surya.

2. Energi tak terbatas

Tenaga surya adalah sumber energi yang tidak terbatas. Jadi, selama Anda tinggal di tempat yang terdapat sinar matahari, Anda dapat menggunakannya dengan bebas.

Maka dari itu, Indonesia yang merupakan negara khatulistiwa, di mana sinar Matahari selalu tersedia dengan sangat melimpah, sudah seharusnya beralih ke tenaga surya.

3. Efektivitas biaya

Keuntungan terbesar dari penerangan tenaga surya adalah biayanya. Meskipun biasanya biaya di muka/awal termasuk tinggi, karena untuk pembelian perangkat dan proses pemasangannya.

Namun, lampu tenaga surya setelah terpasang maka penggunaannya tidak dikenai biaya lagi, karena sudah tidak menggunakan listrik dari PLN.

4. Sedikit perawatan

Mudah dirawat, produk lampu surya hanya memerlukan beberapa pemeriksaan dan pembersihan sepanjang tahun. Tidak ada lagi yang harus Anda lakukan untuk memastikan umur panjang mereka.

Ini berbeda jika Anda menggunakan lampu yang masih bergantung pada listrik PLN, di mana banyak sekali kabel yang digunakan dan Anda juga harus merawatnya.

5. Tersedia dalam berbagai macam gaya

Ada banyak gaya, bentuk, ukuran, dan jenis dari lampu tenaga surya. Semuanya dirancang agar estetis dan menyenangkan secara visual.

Jadi, Anda dapat mengkreasikan apa yang Anda mau dengan semua jajaran produk yang tersedia.

Masa Pakai Lampu Tenaga Surya

Berapa lama lampu tenaga surya bertahan? Lampu surya biasanya bertahan atau dapat dioperasikan antara 6 hingga 10 jam setiap malam, dan memiliki masa pakai selama 2 hingga 5 tahun.

Luar biasa bukan? Bayangkan dalam jangka waktu 2 tahun (atau bahkan hingga 5 tahun) Anda tidak mengeluarkan biaya sepeser pun untuk membayar tagihan listrik.