Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis-jenis Mesin Bubut

Mesin bubut (lathe) adalah mesin perkakas yang digunakan untuk menghilangkan material dari benda kerja supaya memberikan bentuk dan ukuran yang diinginkan.

Mesin Bubut digunakan dalam pengerjaan logam, pembubutan kayu, pemintalan logam, penyemprotan termal, pengerjaan kaca, reklamasi bagian, dan lain-lain.

Mesin Bubut

Berbagai operasi lain yang dapat dilakukan dengan bantuan Mesin Bubut dapat mencakup pengamplasan, pemotongan, knurling, pengeboran, dan deformasi alat untuk digunakan dalam membuat objek yang memiliki simetri terhadap sumbu rotasi.

Jenis-jenis Mesin Bubut

Berikut ini adalah beberapa mesin bubut yang paling umum digunakan.

  • CNC Lathe Machine
  • Speed Lathe Machine
  • Turret Lathe Machine
  • Center Lathe atau Engine Lathe Machine
  • Toolroom Lathe Machine
  • Automatic Lathe Machine
  • Special Purpose Lathe Machine
  • Bench Lathe Machine

Untuk lebih jelas lagi, di bawah ini adalah penjelasan dari setiap jenis mesin CNC

Definisi Mesin Bubut CNC (CNC Lathe Machine)

Mesin Bubut CNC adalah mesin bubut yang dioperasikan dengan sistem Computer Numerical Control (CNC) dan dilengkapi dengan petunjuk desain yang presisi.

Mesin Bubut CNC merupakan mesin perkakas yang material atau benda kerjanya dijepit dan diputar oleh spindel utama, sedangkan pahat pemotong yang mengerjakan material dipasang dan digerakan ke berbagai sumbu.

Mesin bubut CNC biasanya digunakan untuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan bentuk bulat yang presisi dengan baik di diameter luar dan diameter dalam. Hampir semua jenis struktur dapat dikerjakan dengan mesin perkakas canggih ini dan dapat diterapkan di berbagai industri yang berbeda.

Definisi Speed Lathe Machine

Speed Lathe Machine adalah jenis mesin bubut yang berjalan jauh lebih cepat daripada mesin bubut biasa. Mesin ini biasanya hanya digunakan untuk tugas-tugas kecil, seperti menyelesaikan bagian dari penggerindaan yang ditinggalkan oleh langkah-langkah pembuatan awal.

Peningkatan kecepatan biasanya dicapai dengan mengubah kecepatan motor mesin bubut, perubahan ini memungkinkan mesin bubut untuk mendapatkan kecepatan yang lebih cepat sesuai dengan yang dibutuhkan.

Speed Lathe Machine adalah jenis mesin bubut finishing, dengan motor dan ukuran yang jauh lebih kecil, umumnya ditempatkan di atas meja kerja, tidak dapat melakukan beberapa tugas yang dilakukan mesin bubut yang lebih besar.

Speed lathe machine memiliki kecepatan yang lebih cepat dan sistem pengereman yang lebih kuat, yang membuat operator dapat mengoperasikan lebih banyak bagian per siklus kerja, meningkatkan produktivitas dan output.

Baca Juga: Mengenal Material Pahat Bubut: Jenis, Pengertian, dan Kegunaan

Definisi Turret Lathe Machine

Turret Lathe Machine adalah jenis mesin bubut pengerjaan logam yang dicirikan oleh penggunaan alat potong yang dapat dipertukarkan.

Seperti mesin bubut tradisional, alat ini menekan alat potong yang tidak bergerak ke benda kerja yang berputar. Namun, mesin bubut turret unik karena alat pemotongnya yang dapat diganti-ganti. Alat pemotong dapat dengan cepat diubah untuk mengakomodasi aplikasi manufaktur tertentu.

Karena memiliki alat pemotong yang dapat dipertukarkan, mesin bubut turret lebih fleksibel daripada mesin bubut tradisional.

Mesin bubut tradisional sering juga mendukung beberapa alat potong, tetapi lebih sulit untuk diubah daripada mesin bubut turret. Untuk mengganti alat potong pada mesin bubut tradisional, seorang pekerja harus melepaskan alat potong yang ada, melepaskannya dari mesin bubut, dan kemudian memasang kembali alat potong yang berbeda.

Mesin bubut turret, di sisi lain, dapat menampilkan beberapa alat pemotong sekaligus.

Mesin bubut turret dapat beralih ke alat pemotong yang sesuai secara otomatis, menghasilkan proses produksi yang lebih cepat dan efisien untuk perusahaan manufaktur.

Mesin bubut turret hanya perlu beberapa detik untuk mengubah ke alat pemotong yang berbeda, sedangkan dengan mesin bubut tradisional mungkin membutuhkan beberapa menit untuk menukar alat pemotong secara manual.

Definisi Center Lathe Machine

Center Lathe atau Engine Lathe Machine adalah jenis mesin bubut yang saat ini paling banyak digunakan. Mesin bubut ini dapat melakukan operasi, seperti turning, end face, grooving, knurling, dan threading.

Mekanisme pemakanan mesin bubut dapat mengoperasikan pahat potong baik dalam arah memanjang maupun lateral. Mesin bubut ini dapat dibagi menjadi penggerak sabuk, penggerak motor, dan peredam tergantung pada sumber penggerak.

Definisi Toolroom Lathe Machine

Toolroom Lathe Machine adalah mesin bubut yang dioptimalkan untuk pekerjaan toolroom.

Mesin bubut ini pada dasarnya hanya mesin bubut tengah (center lathe) dengan semua fitur opsional terbaik yang dapat dihilangkan dari model yang lebih murah, seperti collet lebih dekat, taper attachment, dan lain-lain.

Definisi Automatic Lathe Machine

Automatic Lathe Machine atau Mesin bubut otomatis adalah mesin bubut dengan proses pemotongan yang dikontrol secara otomatis. Mesin bubut otomatis pertama kali dikembangkan pada tahun 1870-an dan dikendalikan secara mekanis.

Sejak munculnya NC dan CNC pada 1950-an, istilah bubut otomatis umumnya hanya digunakan untuk mesin bubut yang dikendalikan secara mekanis, meskipun beberapa produsen (misalnya, DMG Mori dan Tsugami) memasarkan mesin bubut CNC tipe Swiss sebagai otomatis.

CNC belum sepenuhnya menggantikan mesin bubut otomatis, karena meskipun tidak lagi diproduksi, tetapi banyak mesin bubut otomatis tetap beroperasi.

Definisi Special Purpose Lathe Machine

Special Purpose Lathe Machine atau Mesin Bubut Tujuan Khusus adalah mesin bubut yang digunakan untuk tujuan khusus seperti produksi tugas berat dari suku cadang yang identik.

Selain itu, mesin bubut ini juga melakukan fungsi tertentu yang tidak dapat dilakukan oleh mesin bubut standar.

Beberapa contoh mesin bubut tujuan khusus di antaranya mesin bubut perhiasan, mesin bubut poros engkol, mesin bubut duplikat, mesin bubut multi-spindle, dan mesin bubut brake-drum.

Definisi Bench Lathe Machine

Bench Lathe Machine atau Mesin Bubut Bangku adalah mesin reduksi material yang dibangun pada bangku atau meja kerja. Sebuah mesin bubut dapat mengurangi material dan membentuk item simetris.

Dengan menggunakan mesin bubut bangku, Anda dapat memotong, mengebor, atau mengampelas material untuk membuat objek baru.