Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Baterai Nickel Metal Hidrida (NiMH)

Baterai NiMH

Baterai nikel metal hidrida (Nickel-Metal Hydride) adalah jenis baterai yang dapat diisi ulang yang biasa digunakan di banyak perangkat, seperti laptop, ponsel, camcorder, dan perangkat elektronik lainnya. Baterai nikel metal hidrida juga biasa disebut sebagai baterai NiMH atau Ni-MH.

Reaksi kimia sel NiMH pada elektroda positif mirip dengan sel nikel-kadmium (NiCd) karena keduanya menggunakan nikel oksida hidroksida (NiOOH). Namun, pada sel NiMH elektroda negatif menggunakan paduan penyerap hidrogen, bukan kadmium.

Baterai NiMH dapat memiliki dua hingga tiga kali kapasitas baterai NiCd dengan ukuran yang sama dan dengan kepadatan energi yang jauh lebih tinggi, meskipun jauh lebih sedikit daripada baterai lithium-ion.

Baterai NiMH biasanya digunakan sebagai pengganti baterai alkaline non-isi ulang berbentuk serupa, karena baterai NiMH memiliki tegangan sel yang sedikit lebih rendah tetapi umumnya kompatibel, dan kurang rentan terhadap kebocoran dan ledakan.

Kelebihan dari Baterai Nickel Metal Hidrida

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan menggunakan baterai NiMH.

  • Kapasitas 1,30% lebih banyak dibandingkan baterai NiCd standar.
  • Kurang rentan terhadap efek memori dibandingkan baterai NiCd.
  • Exercise cycles berkala lebih jarang dilakukan.
  • Lebih sedikit logam beracun. Baterai NiMH saat ini diberi label ramah lingkungan.

Baca Juga: Mengenal Baterai Nikel Kadmium (Ni-Cd)

Kelemahan dari Baterai Nickel Metal Hidrida

Di bawah ini adalah beberapa kelemahan baterai NiMH.

  • Baterai NiMH dinilai hanya untuk 500 kali siklus pengisian/pengosongan.
  • Baterai NiMH menghasilkan lebih banyak panas selama pengisian dan memerlukan algoritma yang lebih kompleks untuk deteksi muatan penuh daripada baterai NiCd jika penginderaan suhu tidak tersedia. (Kebanyakan baterai NiMH dilengkapi dengan sensor suhu internal untuk membantu deteksi muatan penuh).
  • Baterai NiMH juga tidak dapat menerima pengisian secepat baterai NiCd, waktu pengisian dayanya mungkin dua kali lipat lebih lama dari baterai NiCd. Pengisian baterai NiMH juga harus dikontrol lebih hati-hati daripada di baterai NiCd.
  • Arus pelepasan (discharge current) yang direkomendasikan dari baterai NiMH jauh lebih kecil dari pada baterai NiCd. Untuk hasil terbaik, pabrikan merekomendasikan arus beban 0,2C hingga 0,5C.
  • Baik baterai NiMH dan baterai NiCd dipengaruhi oleh self-discharge yang cukup tinggi. Baterai NiCd kehilangan sekitar 10% dari kapasitasnya dalam 24 jam pertama, setelah itu self-discharge menjadi sekitar 10% per bulan. Self-discharge baterai NiMH adalah satu setengah hingga dua kali lebih tinggi daripada NiCd. Memilih bahan hidrida yang meningkatkan ikatan hidrogen untuk mengurangi self-discharge juga dapat menurunkan kapasitas baterai.

Perbandingan Baterai NiMh Vs NiCd Vs Li-Ion 

Baterai NiMH menawarkan kapasitas yang lebih tinggi daripada baterai NiCd, dan kapasitas lebih kecil dari baterai Li-Ion. Baterai NiMH hampir dua kali lebih berat dari baterai NiCd. Baterai NiMH juga tidak memiliki efek memori. Baterai NiMH adalah baterai suhu sedang yang baik. Anda dapat beroperasi dengan baterai NiMH biasanya dalam -5 hingga 95 derajat farenheit tanpa masalah yang merugikan.

Baterai NiMH memiliki kualitas deep-discharge yang baik dan dapat menyimpan hampir dua kali kapasitas sel NiCd. Siklus hidup baterai NiMH umumnya lebih rendah dari NiCd, berkisar antara 500—800. Baterai NiMH sangat mirip dengan NiCd dalam hal karakteristik pengisian dan pengosongan, dan lebih aman daripada Li-Ion dengan pelarian termal.

Baterai NiMH lebih cenderung memiliki sindrom sel lemah. Artinya, ketika Anda mengisi daya baterai sampai habis, lalu Anda menggunakannya, baterai itu langsung mati. Ketika Anda mengujinya, itu akan ada informasi bahwa sudah terisi penuh. Ini karena beberapa atau semua sel tidak dapat lagi menahan daya. Baterai NiMH memiliki kecenderungan untuk melakukan ini lebih dari jenis baterai lainnya.

Baterai NiMH relatif lebih aman jika dibandingkan dengan baterai Li-Ion. Ini karena sel NiMH lebih terlindungi dari pelarian termal daripada Lithium-Ion, tetapi tidak sebaik NiCd. Baterai NiMH memiliki karakteristik keamanan yang mirip dengan baterai NiCd, tetapi baterai NiMH lebih baik untuk lingkungan daripada baterai NiCd.

Applikasi Baterai NiMH

Baterai NiMH dapat digunakan dalam baterai mobil hybrid, pisau cukur listrik, sikat gigi, kamera, camcorder, ponsel, pager/radio panggil, instrumen/peralatan medis, dan banyak aplikasi lainnya.