Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Monitor IPS VS VA VS TN mana yang Lebih Baik?

Monitor IPS VS VA VS TN

Teknologi terus mengalami perkembangan, bahkan dapat dibilang perkembangannya sangat cepat. Bayangkan saja, bulan ini Anda membeli gadget, 5 bulan kemudian muncul lagi keluaran terbaru dari merek lain dengan teknologi yang lebih maju. Persaingan antar produsen pun semakin ketat, bukan hanya dalam teknologinya saja, harga pun juga menjadi faktor apakah barang itu layak dibeli atau tidak.

Teknolgi yang terdapat dalam sebuah monitor atau layar juga memiliki peranan yang sangat penting. Alasannya, dengan menggunakan monitor kualitas terbaik maka si pengguna akan lebih nyaman. Terdapat tiga jenis monitor yang umum menjadi pilihan, yaitu IPS, VA, dan TN. Pada umumnya ketiga monitor tersebut menggunakan teknologi Liquid Crystal Display (LCD) yang diterangi oleh lampu latar LED. Berikut adalah penjelasan dan perbandingan dari monitor IPS, VA, dan TN.

Pengertian Layar IPS

IPS singkatan dari In-Plane-Switching adalah layar yang menggunakan orientasi kristal yang berbeda dibandingkan dengan VA dan TN. Sementara TN dan VA memutar kristal, kristal IPS sejajar dengan substrat kaca, dan mereka berputar di dalam bidang substrat untuk membiarkan cahaya masuk, mirip dengan rana pada kamera. Layar IPS sejauh ini adalah yang paling umum digunakan pada monitor saat ini.

Pengertian Layar VA

VA adalah kepanjangan dari Vertical Alignment, yaitu layar yang menggunakan teknologi kristal yang disejajarkan secara vertikal dan dimiringkan untuk memungkinkan cahaya lewat. Sementara kristal IPS sejajar dengan substrat kaca, kristal VA tegak lurus dengan substrat. Meskipun panel VA tidak biasa seperti panel IPS untuk monitor, layar VA adalah salah satu pilihan paling umum untuk TV.

Pengertian Layar TN

TN adalah kepanjangan dari Twisted Nematic, yaitu teknologi LCD pertama yang beredar di pasaran. Layar TN terdiri dari kristal cair yang diapit di antara dua filter polarisasi. Ketika arus listrik diterapkan, kristal berputar dan memungkinkan cahaya melewatinya. Layar TN sejauh ini adalah yang termurah, tetapi juga agak ketinggalan zaman dan tidak biasa.

Baca Juga: Perbandingan Monitor Curved VS Layar Datar mana yang Lebih Baik?

Tips Pemilihan Jenis Layar

Semua jenis layar pada dasarnya sudah bagus karena selalu terus-menerus mengalami perkembangan. Namun, terdapat spesifikasi khusus yang tidak dimiliki satu sama lain. Maka dari itu, agar Anda dapat memilih mana yang cocok untuk Anda gunakan, berikut ini adalah rekomendasi untuk Anda yang ingin membeli gadget dengan jenis layar atau monitor yang sesuai dengan pekerjaan Anda.

Penggunaan untuk Gamer online Profesional Kompetitif

Tidak diragukan lagi panel TN masih disukai di dunia eSports. Bahkan model termurah pun memiliki waktu respons yang cepat dan dukungan untuk kecepatan refresh yang tinggi. Untuk game 1080p, 24 inci pun masih sangat mumpuni. Selain itu, layar TN juga tidak terlalul mahal, apalagi jika dibandingkan dengan IPS.

Penggunaan untuk gamer PC kelas atas yang tidak kompetitif

Untuk gambar yang imersif, panel VA akan memberikan rasio kontras yang lebih tinggi daripada IPS atau TN. Dengan memiliki warna hitam pekat dan kontras gambar yang tajam, VA adalah pemenangnya. Jika Anda baik-baik saja dengan mengorbankan beberapa kontras, Anda dapat memilih layar IPS. Namun, kami sarankan untuk menghindari TN sama sekali kecuali Anda bermain secara kompetitif.

Penggunaan untuk kerja kantor atau pelajar 

Pada umumnya pekerja atau pelajar harus mempertimbangkan anggaran. Oleh karena itu, VA adalah jenis layar yang dapat Anda pilih. Sudut pandang layar VA superior dibandingkan TN, tetapi keduanya juga masih cocok jika ingin dipilih. Utamanya adalah Anda dapat menghemat uang, dan keduanya juga masih mumpuni untuk digunakan karena Anda tidak memerlukan kecepatan refresh yang tinggi atau latensi yang sangat rendah.

Penggunaan untuk editor foto dan video/Artis digital

Layar IPS umumnya masih disukai karena kemampuannya menampilkan gamut warna yang luas. Bukan hal yang aneh untuk menemukan panel VA yang juga mencakup gamut lebar (125 persen sRGB, dan lebih dari 90 persen DCI-P3), tetapi layar VA cenderung menunjukkan lebih banyak gerakan kabur selama aksi cepat daripada panel IPS. Jika Anda serius tentang akurasi warna, menggunakan layar IPS adalah pilihan yang tepat.

Penggunaan untuk pemrogram yang memasang monitor secara vertikal

Anda mungkin berpikir panel TN sangat bagus untuk pemrogram, tetapi belum tentu demikian. Panel TN memiliki sudut pandang yang sangat buruk pada sumbu vertikal. Jika Anda memasang monitor dalam mode potret (seperti yang dilakukan oleh banyak programmer dan pengembang seluler), Anda akan mendapatkan sudut pandang terburuk dari panel TN. Untuk sudut pandang terbaik dalam skenario ini, maka menggunakan layar IPS adalah yang paling tepat.

Layar yang terbaik untuk digunakan di segala bidang

Layar VA adalah pemenangnya di sini. Namun, layar IPS lebih baik di semua area kecuali rasio kontras. Jika Anda dapat mengorbankan kontras, panel IPS akan memberikan latensi yang cukup rendah, warna hitam yang layak, dan cakupan warna yang memuaskan.