Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mercedes-Benz VISION EQXX Mobil Listrik Pemecah Rekor

Mercedes-Benz membuat rekor baru dalam jangkauan jarak tempuh mobil listrik. Vision EQXX adalah mobil listrik konsep terbaru Mercedes-Benz yang dapat menempuh jarak 1.000 km dalam sekali pengisian penuh daya beterai. Dengan kata lain, mobil ini konsumsi energinya setara dengan 10 kWh per 100 km. Mercedes-Benz Vision EQXX diluncurkan di awal tahun 2022 dan mendapat banyak perhatian para pecinta otomotif di seluruh dunia.

Mercedes-Benz VISION EQXX

Menurut Mercedes-Benz, mobil listrik di masa depan tidak mengedepankan seberapa cepat mobil atau seberapa besar tenaga kuda yang dimiliki, melainkan seberapa efisiensikah mobil listrik tersebut. Ya, semakin besar efisiensinya maka semakin jauh pula jarak tempuhnya. Mercedes-Benz Vision EQXX dapat menempuh hingga 1.000 km, itu adalah jarak yang sangat panjang. Sebagai bayangannya, dalam sekali pengisian penuh daya baterai, Anda dapat membawa mobil ini dari Jakarta—Semarang pulang-pergi. Luar biasa!

Baca Juga: Mobil Konsep BMW ini Dapat Didaur Ulang Seluruhnya | BMW i Vision Circular

Eksterior Mercedes-Benz Vision EQXX

Tidak hanya dalam hal jarak tempuhnya saja yang membuat rekor dunia, Mercedes-Benz Vision EQXX juga memegang rekor sebagai mobil yang paling aerodinamis, itu karena mobil ini memiliki koefisien hambatan paling kecil di dunia, yaitu sebesar 0,17 saja. Angka tersebut berhasil memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Merecedes-Bens EQS, yakni 0,20. Menurut Mercedes-Benz, mobil listrik memang harus memiliki angka koefisien hambatan serendah mungkin, ini karena dua pertiga dari energi listrik dibutuhkan hanya untuk melawan hambatan udara.

Mercedes-Benz VISION EQXX

Desain Vision EQXX dari luar terlihat sangat agresif dan futuristik. Pada bagian depan terlihat rendah yang bertujuan untuk menimbulkan resistansi minimal. Selain itu, track ban belakang juga dibuat lebih sempit agar memungkinkan udara mengalir lebih efisien. Velg Vision EQXX menggunakan magnesium rose gold dan menggunakan penutup luar yang transparan untuk menghindari turbulensi udara.

Mercedes-Benz VISION EQXX

Pada atap Mercedes-Benz Vision EQXX terdapat panel surya yang terdiri dari 117 sel surya. Pengembangan sel surya tersebut dikembangkan bersama dengan lembaga penelitian energi surya terbesar di Eropa. Penggunaan sel surya di atap dimaksudkan untuk mengimbangi pengurasan energi pada sistem tegangan tinggi sambil juga meningkatkan jangkauan. Menurut Mercedes-Benz, sel surya dapat menambah jangkauan hingga 25 km pada perjalanan jarak jauh dalam kondisi ideal dalam satu hari.

Interior Mercedes-Benz Vision EQXX

Seperti mobil listrik kekininian, Vision EQXX juga menggunakan layar sangat panjang dan lumayan besar, bahkan nyambung dari samping ke samping. Setir masih terbilang tidak aneh-aneh bentuknya dan menyerupai setir mobil konvensional pada umumnya. Kulit-kulit yang terdapat di dalam intenrior menggunakan bahan yang berkelanjutan: dari jamur hingga bambu, kaktus, dan sutra vegan. Ini menunjukkan bahwa masih mungkin untuk mencapai kemewahan otomotif sepenuhnya tanpa menggunakan produk hewani, sambil menciptakan perasaan kenyamanan premium yang tak ada bandingannya.

Mercedes-Benz VISION EQXX

Penggerak Mercedes-Benz Vision EQXX

Pengembangan penggerak Vision EQXX tidak hanya dilakukan oleh insinyur Mercedes-Benz saja, melainkan bekerja sama juga dengan spesialis balap motor dari High Performance Powertrains (HPP) dan Mercedes-Benz Grand Prix (MGP). Hasilnya Vision EQXX memiliki powertrain listrik yang sangat efisien dan kompak serta rumah baterai yang ringan. 

Mercedes-Benz mengatakan jika Vision EQXX memiliki efisiensi energi 95%. Ini berarti 95% energi yang tersimpan dalam baterai dapat mencapai roda. Luar biasa bukan? Karena mobil pembakaran internal efisiensi energi yang mencapai roda hanya berkisar 30% saja. Artinya, terdapat selisih yang banyak di sini. Jadi, apabila dibandingkan maka efisiensi Vision EQXX jauh lebih unggul.

Baterai Mercedes-Benz Vision EQXX

Biasanya, apabila berbicara tentang kapasitas baterai sering kali ditemui ungkapan “kapasitas baterai yang besar maka semakin banyak atau semakin besar baterai yang digunakan.” Namun, ini tidak berlaku untuk Vision EQXX. Pasalnya kepadatan energi pada baterai Vision EQXX telah ditingkatkan secara signifikan, yaitu menjadi 200 Wh/kg. Hal ini memungkinkan baterai VISION EQXX untuk menyimpan 100 kWh, sementara mengambil ruang 50% lebih sedikit dan berat 30% lebih ringan dari baterai dengan kapasitas yang sebanding.