Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Torsi dan Horsepower pada Kendaraan

Perbedaan Torsi dan Horsepower pada Kendaraan

Torsi dan horsepower merupakan suatu istilah yang sering sekali ditemui ketika membahas tentang otomotif. Namun, tidak sedikit yang belum paham mengenai keduanya, bahkan ada juga yang menganggap keduanya adalah suatu hal yang sama. Walau keduanya memiliki hubungan, tetapi torsi dan horsepower adalah dua hal yang berbeda.

Pengertian Torsi

Torsi adalah ukuran gaya yang dapat menyebabkan suatu benda berputar pada suatu sumbu. Sama seperti gaya yang menyebabkan suatu benda dipercepat dalam kinematika linier (gerak lurus), torsi adalah apa yang menyebabkan benda memperoleh percepatan sudut. Torsi termasuk besaran vektor (memiliki nilai dan arah), arah vektor torsi bergantung arah gaya pada sumbu. Satuan interrnasional torsi adalah Nm (Newton meter). 

Sebelum jauh membahas tentang torsi pada mesin, ada baiknya mengamati contoh torsi yang cukup sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketika melepas baut menggunakan kunci inggris. Jadi, baut berperan sebagai pusat rotasi dan kunci inggris sebagai lengan gaya, sedangkan tangan berguna untuk memberikan gaya sehingga kunci inggris dapat bergerak (berputar).

Cara untuk mengetahui torsi yang bekerja, yaitu gaya dikalikan dengan jarak (jari-jari). Jika demikian, untuk mencari tahu besarnya torsi yang bekerja maka besarnya gaya yang diberikan oleh tangan dikalikan dengan panjang jari-jari dari pusat (baut) ke bagian tangan yang menggerakkan kunci inggris. Jadi, apabila panjang kunci inggris 0,4 m dan pada saat melepas baut tangan berada tepat di ujung dengan gaya 50 N maka perhitungannya:

Torsi: 50 N x 0,4 m = 20 Nm

Sama seperti pada saat membuka baut, cara memahami torsi pada mesin juga hampir sama. Jadi, torsi mesin adalah mengukur besarnya gaya puntir yang tersedia di poros engkol (Vehicle Crankshaft) pada putaran mesin (RPM) tertentu. Secara sederhana, gaya puntir terjadi ketika adanya pembakaran dalam silinder yang membuat piston bergerak secara linier dan membuat poros engkol mengalami gaya puntir atau momen putar.

Baca Juga: Menginterpretasikan Daya dalam Fisika

Pengertian Horsepower

Horsepower (HP) atau tenaga kuda adalah satuan pengukuran daya (power), biasanya mengacu pada output mesin atau motor. Pada awalnya, penggunaan istilah horsepower diadopsi oleh insinyur asal Skotlandia, James Watt. Horsepower mengacu pada kemampuan kuda dalam mengangkat beban yang beratnya 550 pound setinggi satu kaki dalam satu detik, atau 1 HP = 550 pound/detik. Kemudian, dari berat tersebut dihutung lagi dalam menit yang hasilnya didapatkan 33000 pound, atau 1 HP= 33000 pound/menit.

Namun, untuk menetukan horsepower pada mesin dapat menggunakan rumus:

HP = Torsi x RPM ÷ 5252

Perbedaan Torsi dan Horsepower

Jadi, torsi dan horsepower merupakan dua hal yang berbeda. Torsi adalah pengukuran jumlah gaya yang diterapkan untuk melakukan sebuah pekerjaan/usaha, sedangkan horsepower adalah pengukuran laju dimana pekerjaan dilakukan. Dalam sebuah mesin, Anda dapat menganggap torsi adalah kemampuan mobil untuk cepat bergerak, sedangkan horsepower adalah kemampuan untuk tingkat kerja yang lebih tinggi setelah bergerak.