Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mobil Terbang Renault Air4 Menjawab Tantangan di Masa Depan

Mobil Terbang Renault Air4
(Mobil Terbang Renault Air4)

Dalam merayakan ulang tahun ke-60 Renault 4, Renault menggandeng TheArsenale untuk membuat mobil terbang yang futuristik, tetapi tetap menggunakan Renault 4L sebagai modelnya. Sedikit informasi, Renaul 4 adalah mobil ikonik dari Renault yang telah terjual lebih dari 8 juta unit di lebih 100 negara selama kurun waktu 30 tahun. Renault 4L aslinya merupakan kendaraan sederhana, efiseiensi, dan serbaguna yang dibuat antara tahun 1961—1992.

Renault 4L asli
(Gambar: Renault 4L Asli)

Kerjasama antara Renault dan TheArsenale tidak hanya sekedar membuat mobil terbang saja, tetapi memiliki nilai yang amat istimewa. Karena ini akan membuat anak muda merasakan bagaimana mengendarai mobil yang ikonik, tetapi tidak dijalan raya, melainkan terbang. Hal ini sebenarnya jika dilihat lebih dalam maka sejalan dengan kosep dunia otomotif di masa mendatang yang semua serba cepat dan nyaman. Ya, mau bagaimana lagi, jalanan saat ini sudah padat dengan kendaraan dan macet di mana-mana maka mobil terbang bisa menjadi salah satu trobosan baru di dunia otomotif.

Baca Juga: Mercedes-Benz Vision AVTR Lebih dari sekedar Kendaraan Otonom

Renault Air4 tetap mempertahankan desain retro dari Renault 4L dan sekilas memang terlihat jauh dari bahasa desain mobil modern. Renault Air4 seluruh bodinya terbuat dari serat karbon dan juga didesain untuk memiliki kemampuan yang dinamis. Dalam perancangannya, para insinyur dari TheArsenale selalu melakukannya dengan penuh perhitungan supaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Fakta menarik lainnya, Renault Air4 seluruh pengerjaannya dilakukan di taman teknologi pertama di Eropa di Sophia Antipolis, Côte d'Azur, Prancis.

Mobil Terbang Renault Air4
(Mobil Terbang Renault Air4)

Dari sudut pandang teknis, Renult Air4 ditenagai oleh baterai lithium polymer 22.000 mAh dengan total kapasitas 90.000 mAh. Kendaraan ini mengandalkan kecepatan tertinggi orizontal 26 m/s, dengan 45° kemiringan selama penerbangan, dan hingga kemiringan maksimum 70°. Renault Air4 mampu terbang setinggi 700m dengan kecepatan lepas landas 14 m/s, tetapi ditahan pada 4 m/s untuk alasan keamanan, dan kecepatan mendarat 3 m/s. Renault Air4 sendiri memiliki 4 buah baling-baling di setiap sudutnya dan menawarkan daya dorong vektor maksimum 380 kilogram, atau 95kg per baling-baling.