Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kompor Tenaga Surya: Prinsip Kerja, Jenis, Keuntungan dan Kerugian, dan Cara Membuatnya

Kompor tenaga surya adalah perangkat yang menggunakan cahaya matahari secara langsung untuk memanaskan, memasak, atau mempasteurisasi minuman dan bahan makanan lainnya. Jadi, jika kompor pada umumnya biasa menggunakan minyak bumi atau gas alam maka kompor tenaga surya ini cukup menggunakan cahaya matahari saja. Artinya, dengan menggunakan kompor surya akan menghemat pengeluaran Anda karena tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli minyak atau gas.

Pengertian Kompor Tenaga Surya

Bagaimana Prinsip kerja kompor tenaga surya?

Terdapat tiga prinsip utama dalam cara kerja kompor tenaga surya, yaitu pemusatan cahaya, penyerapan, dan retensi. Berikut adalah penjelasannya.

Pemusatan Cahaya (refleksi atau reflektansi). Kompor tenaga surya pasti memilki bagian yang berguna sebagai reflektor atau pemantul, tujuannya untuk memantulkan cahaya matahari ke satu titik. Dengan memfokuskan cahaya ke satu titik maka akan mempercepat proses akumulasi panas pada benda. Reflektor ini umumnya terbuat dari bahan yang mengkilap, seperti kertas alumunium foil, perak, dan kromium.

Penyerapan (kemampuan untuk menyerap panas). Penyerapan energi matahari (panas) dalam memasak dengan tenaga surya paling efektif jika permukaan peralatan untuk memasak, seperti panci dan wajanya berwarna gelap. Hal ini karena warna gelap dapat menyerap panas dengan baik, sedangkan warna terang tidak menyerap panas dengan baik. Karena itu, peralatan masak tenaga surya akan berwarna hitam. Selain itu, peralatan memasak juga berukuran tipis supaya dapat mentransfer panas lebih cepat dan merata.

Retensi (menahan panas). Panas yang dihasilkan kompor tenaga surya harus dijaga supaya tidak terpengaruh oleh suhu di sekitar. Untuk itu, panci yang digunakan untuk memasak akan diberi penutup agar panas yang ada di dalam panci tetap terjaga. Selain itu, utamakan tutup yang transparan supaya cahaya matahari dapat masuk ke dalam panci dan panasnya dapat terperangkap di dalam panci.

Jenis-jenis kompor tenaga surya

Terdapat berbagai model kompor tenaga surya, tetapi yang paling umum digunakan, yaitu kompor kotak, kompor parabola, dan kompor panel. 

Kompor kotak atau sering disebut oven kotak. Pada kompor jenis ini, panas dipantulkan oleh reflektor ke dalam kotak. Kemudian, panas terperangkap oleh kaca atas, seperti efek rumah kaca sehingga memanaskan peralatan masak. Kompor dengan jenis ini adalah kompor tenaga surya yang paling banyak digunakan.

Kompor parabola menggunakan reflektor berbentuk mangkuk untuk memfokuskan cahaya langsung ke satu titiik di panci masak, biasanya dari bawah. Nama parabola mengacu pada bentuk kurva penampang reflektor.

Kompor panel menggabungkan elemen kotak dan kompor konsentrator parabola. Walau begitu, Kompor panel masih relatif murah untuk dibeli atau diproduksi.

Baca Juga: Pengertian Solar Water Heater dan Cara Kerjanya

Keuntungan dan kerugian menggunakan kompor tenaga surya

Setiap alat yang diciptakan manusia pasti memilki sisi keuntungan dan kerugian, begitu juga dengan kompor tenaga surya. berikut adalah keuntungan dan kerugian jika menggunakan kompor tenaga surya.

Keuntungan:

  • Sedikit polusi yang ditimbulkan
  • Karena sedikit polusi maka masakan jadi lebih higienis
  • Sedikit perawatannya
  • Hemat biaya karena tidak lagi membeli bahan bakar, seperti minyak tanah dan gas

Kerugian:

  • Waktu memasak jadi lebih lama
  • Sangat bergantung pada cuaca
  • Malam hari tidak bisa digunakan
  • Tidak semua jenis masakan dapat dimasak

Cara membuat kompor tenaga surya kotak atau oven tenaga surya

Karena kompor tenaga surya proses pembuatannya mudah, bahan-bahan pembuatannya juga mudah untuk dicari, dan tidak memerlukan waktu yang lama maka di sini akan diberikan cara proses pembuatannya.

Bahan yang Anda butuhkan membuat kompor tenaga surya kotak.
  • Kardus
  • Pisau atau gunting 
  • Alumunium foil
  • Kaca bening atau mika bening
  • Kertas atau karton warna hitam
  • Styrofoam lembaran
  • Solasi
  • Lem

Proses pembuatan kompor listrik tenaga surya kotak

  • Siapkan kardus yang akan digunakan. Anda dapat menggunakan kardus apa saja yang penting jangan terlalu tinggi dan jangan pula terlalu rendah. Kemudian, potong sisi bagian atas dan sisakan sekitar satu 3 cm untuk dijadikan engsel penutup.
  • Styrofoam lembaran dipotong sesuai dengan ukuran bagian bawah dalam kardus dan bagian dinding di dalam kardus. Setelah itu, lapisi styrofoam untuk yang bagian bawah dengan kertas berwarna hitam dan alumunium foil untuk yang bagian dinding, rekatkan menggunakan lem. Kemudian, masukkan styrofoam beralumunium foil ke dalam bagian kardus.
  • Beri tutup atas kardus dengan kaca bening atau mika bening. Ini juga penting supaya membuat panas dari matahari tetap masuk ke dalam kardus, tetapi juga tetap menjaga suhu di dalam kardus tetap panas karena kedap udara.
  • Membuat reflektor atas. Potong kardus atau karton, sesuaikan ukuran panjang dan lebarnya sama dengan kardus yang akan digunakan untuk memasak. Kemudian, lapisi dengan alumunium foil. Setelah itu, pasang pada yang sisa 3 cm tadi. Jangan lupa arahkan cahaya dari reflektor ke bagian dalam kardus.
  • Untuk mengoptimalkan pemanasan, gunakan wadah berwarna hitam untuk memasak.

Cara memasak menggunakan kompor tenaga surya kotak

Karena ini kompor tenaga surya, tentu saja ada perbedaan cara memasak dengan menggunakan kompor konvesional, seperti kompor gas atau kompor minyak tanah. Hal yang paling mendasar dari memasak menggunakan kompor tenaga surya adalah adanya cahaya matahari. Maka dari itu, memasaknya pun juga di luar ruangan supaya mendapat cahaya matahri yang cukup. Jadi, ketika sedang mendung, turun hujan, dan pada  malam hari kompor tenaga surya tidak dapat digunakan.

Namun, jika cuaca sedang cerah atau saat musim panas, kompor tenaga surya sangat baik untuk digunakan. Anda hanya tinggal menyiapkan bahan untuk memasak dan langsung bisa memasak. Untuk proses memasaknya, semisal mengoreng telur maka Anda dapat mengikuti langkah seperti berikut.

  • Arahkan kompor tenaga surya ke pancaran sinar matahari dan tunggu hingga suhu di dalam kompor menjadi panas.
  • Pecahkan telur dan masukkan ke dalam teflon (bisa kasih minyak).
  • Masukkan teflon ke dalam kompor tenaga surya.
  • Tunggu hingga telur terlihat matang. Jika sudah, telur siap disajikan.