Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Solar Water Heater dan Cara Kerjanya

Solar water heater adalah alat yang dapat menangkap sinar matahari untuk memanaskan air. Artinya, solar water heater dapat memanaskan air tanpa menggunakan bahan bakar minyak atau gas dan cukup hanya menggunakan panas matahari saja. Dengan demikian, menggunakan solar water heater dapat menjadi solusi yang ekonomis dan ramah lingkungan untuk mendapatkan air panas yang dapat Anda manfaatkan baik untuk mandi atau hanya sekedar berendam saja.

Cara Kerja Solar Water Heater

Menggunakan solar water heater tidak hanya memungkinkan penghematan energi yang besar karena tenaga surya gratis dibandingkan dengan gas alam atau bahan bakar minyak. Selain itu, ini adalah cara untuk menghasilkan air panas yang lebih ramah lingkungan karena solar water heater tidak mengeluarkan CO2 dalam prosesnya memanaskan air. Dengan menggunakan solar water heater Anda akan mendapatkan persediaan air panas sepanjang tahun.

Bagaimana cara kerja solar water heater?

Cara kerja solar water heater pada dasarnya menggunakan prinsip thermosiphon. Apa itu prinsip thermosiphon? Adalah metode pasif pertukaran panas secara konveksi yang menyebabkan air dengan suhu lebih tinggi akan terdorong oleh air dengan suhu lebih rendah akibat perbedaan massa jenisnya.

Jadi, pada solar water heater cahaya diserap oleh kolektor yang ditempatkan di atap. Kemudian, air yang ada di dalam kolektor menjadi panas karena adanya cahaya matahari. Selanjutnya, air yang sudah panas tersebut dialirkan ke tangki. Kemudian, air yang ada di tangki masuk ke kolektor. Proses ini terjadi seterusnya hingga cahaya matahari tidak ada sehingga tidak terjadi prinsip thermosphon.

Baca Juga: Panel Surya Film Tipis (Thin-Film): Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Namun, seperti kita ketahui solar water heater sangat bergantung pada tenaga surya. Artinya, solar water heater memliliki efisiensi kerja paling tinggi pada siang hari dan ketika langit tidak berawan atau hujan. Kalau begitu, bagaimana jika tidak ada cahaya matahari yang mencukupi atau bahkan di malam hari, apakah solar water heater masih efektif untuk di gunakan?

Jangan khawatir, ketika efek Thermosiphon ini berhenti akibat kurangnya atau tidak ada sinar matahari, pada umumnya beberapa produsen solar water heater mempunyai sebuah sistem yang biasa disebut dengan electric booster heater. Apa itu electric booster heater? Adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk terus memanaskan air di dalam tangki. Dengan begitu, Anda masih bisa mendapatkan air panas walaupun tidak adanya sinar matahari.