Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Panel Surya, Jangan Menggunakan Sabun Sembarangan

Panel surya saat ini sudah banyak digunakan untuk alternatif energi terbarukan. Hal ini karena panel surya relatif lebih terjangkau dan mudah digunakan dalam skala rumahan.

Apakah Anda saat ini termasuk pengguna panel surya? Jika iya maka Anda perlu memperhatikan dan merawat panel surya yang Anda miliki. Salah satu perawatan yang paling penting untuk diperhatikan adalah soal kebersihannya.

Seperti halnya kendaraan, panel surya jika dalam keadaan kotor juga perlu untuk dicuci atau dibersihkan. Namun, dalam membersihkan panel surya perlu adanya perlakuan khusus. Salah satunya, tidak diperkenankan penggunaan sabun.

Cara membersihkan panel surya dengan benar

Mengapa ketika membersihkan panel surya tidak perlu menggunakan sabun?

Alasannya, sabun dapat meninggalkan lapisan atau residu yang tidak hanya membekas pada panel surya, seperti halnya kotoran yang baru saja dibersihkan. Namun, juga dapat memperbesar kemungkinan kotoran untuk menempel dan menumpuk lebih cepat.

Beragam metode pembersihan panel surya

Saat ini, teknologi sudah berkembang pesat. Semua jenis pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Begitu pula dalam hal membersihkan panel surya, metode dan beragam alat canggih sudah banyak digunakan saat ini.

Contohnya seperti menggunakan pel khusus yang dapat berputar bersamaan dengan keluarnya air, ada juga robot yang secara otomatis akan membersihkan permukaan panel surya, dan ada juga sebuah sistem yang akan membersihkan panel surya tanpa ada operator yang mengoperasikannya atau autonomous.

Semua metode dan peralatan canggih memang semakin memudahkan, tetapi semua itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jadi, sebagai pengguna PLTS skala rumahan tentu saja akan keberatan jika harus menggunakan metode tersebut.

Baca Juga: Masalah yang Biasa Terjadi pada Penggunaan Panel Surya dan Cara Menanggulanginya

Membersihkan panel surya sendiri secara manual

Cara sederhana dan hemat biaya adalah membersihkan sendiri panel surya kita dengan cara manual.

Yang perlu diingat ketika membersihkan panel surya, yaitu faktor keselamatan diri kita sendiri. Apalagi panel surya yang dipasang di atap rumah, jelas bahayanya semakin besar.

Jika atap rumah Anda tidak terlalu tinggi maka dapat menggunakan selang dan airnya disemprotkan ke atas (permukaan panel surya), tetapi jangan menggunakan tekanan air yang besar karena bisa membuat kaca pada panel surya rusak atau pecah.

Selain itu, hindari menyemprotkan ke bagian bawah panel surya karena walaupun dirancang tahan air, tetapi jika kita melakukannya dengan sengaja bisa saja merusak perkabelan yang ada di bawah. Cara ini terbilang simpel dan aman karena kita cukup di bawah dan tidak perlu naik ke atas atap rumah.

Namun, bagaimana jika menyemprotkan air dari bawah saja tidak cukup membersihkan kotoran yang ada di panel surya? Jika begitu maka Anda harus membersihkan sendiri ke atas.

Ingat! Berhati-hatilah dan jaga keselamatan diri Anda. Ketika berada di atap rumah ditambah dengan air selama proses pembersihan membuat atap menjadi licin. Gunakan pelindung khusus dalam hal memanjat supaya Anda lebih aman.

Selain itu, pada saat membersihkan langsung panel surya, gunakan kain atau bahan yang halus supaya tidak membuat goresan di permukaan panel surya.

Anda bisa menggunakan kanebo dan busa yang lembut khusus membersihkan kaca. Gosok dan bilas dengan air permukaan panel hingga bersih.

Oh, iya. jangan membersihkan panel surya pada siang hari. Karena pada siang hari panel surya dalam keadaan panas atau bertemperatur tinggi dan berakibat merusak panel surya itu sendiri.

Lakukan pada pagi hari atau sore hari supaya temperatur panel surya dalam keadaan rendah dan aman untuk dibersihkan.

Kapan atau seberapa sering membersihkan panel surya?

Sebetulnya tidak ada panduan khusus untuk kapan membersihkan panel surya. Karena setiap tempat pemasangan panel surya memiliki perbedaan.

Misalnya, jika Anda memasang panel surya di perkotaan dengan tingkat polusi yang tinggi maka Anda akan lebih sering untuk membersihkan panel surya.

Namun, beda halnya ketika memasang di pedesaan yang tingkat polusinya rendah maka semakin jarang pula membersihkannya.

Jadi, cara gampangnya ketika dirasa produksi listrik mulai berkurang maka segera bersihkan panel surya Anda.