Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Sel Surya Masih Dapat Bekerja pada Saat Hujan?

Apakah pada saat hujan panel surya masih dapat menghasilkan energi listrik? Kalimat pertanyaan tersebut sering kali terucap dari para pengguna panel surya, khususnya yang maih awam tentang panel surya.

Panel surya saat hujan dan mendung

Bagian terpenting dari panel surya adalah sel surya atau sel fotovoltaik, dimana tempat terjadinya konversi energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Jadi, sel surya bekerja jika ada cahaya matahari, sedangkan pada saat mendung dan hujan cahaya matahari masih dapat mengenai sel surya sehingga sel surya masih dapat menghasilkan energi listrik.

Baca Juga: Cara Membersihkan Panel Surya | Jangan Menggunakan Sabun Sembarangan

Namun, tentu saja terdapat perbedaan. Jika pada cuaca cerah sel surya dapat menghasilkan energi listrik secara optimal, sedangkan pada saat mendung dan hujan intensitas cahaya lebih rendah sehingga terjadi penurunan produksi energi listrik.

Biasanya, pada saat mendung panel surya masih dapat menghasilkan listrik berkisar 30% — 50% dan pada saat hujan berkisar 10% — 20%. Jadi, jika Anda mempunyai solar panel 100 wp dan ketika dalam keadaan cuaca cerah maka dalam sehari solar panel tersebut dapat menghasilkan, 100 watt x 5 jam = 100 watt perjam. Namun, apabila dalam keadaan cuaca mendung seharian maka panel surya Anda akan menghasilkan, 100 watt perjam x 50% = 50 watt perjam.

Intinya, panel surya ini dapat bekerja jika ada cahaya matahari, semakin tercukupinya ketersediaan intensitas cahaya matahari maka semakin optimal pula produksi listrik yang dihasilkan, begitu pula sebaliknya.