Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 PLTA Besar di Indonesia | Ternyata Ada yang Terbesar di Asia Tenggara

PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) merupakan salah satu potensi energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di Indonesia.

Selain dapat menghasilkan energi listrik, ternyata keberadaan PLTA dapat dijadikan sebagai objek wisata yang menarik. Ini terbukti dengan banyaknya waduk di Indonesia yang tak pernah sepi dari wisatawan.

Di Indonesia, PLTA menjadi solusi yang menarik untuk mengurangi ketergantungan akan energi batu bara. Berikut adalah 6 PLTA besar di Indonesia yang membuat pengaruh besar akan ketersediaan energi listrik nasional.

1. PLTA Cirata

Seperti namanya, PLTA ini berada di Waduk Cirata. Selain itu, fakta menarik lainnya ialah waduk ini terlertak di 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Bandung Barat.

Waduk Cirata

PLTA ini memliki total kapasitas hingga 1.008 MW (Megawatt) dengan rata-rata produksi listrik 1.428 GWh (Giga Watthour) pertahun. Bahkan, saking besarnya energi listrik yang dihasilkan, membuat PLTA ini menjadi yang terbesar di ASIA tenggara. Menarik bukan?

Tidak sampai di situ saja, Waduk Cirata bahkan sudah memulai pembangunan PLTS terapung yang digadang-gadang akan menjadi yang terbesar juga di ASIA tenggara. Memang luar biasa sekali potensi Waduk Cirata ini.

2. PLTA Saguling

Terletak di Waduk Saguling yang berada di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. PLTA di waduk ini memiliki kapasitas hingga 700 MW, tetapi jika suatu saat ingin ditingkatkan kapasitasnya maka PLTA ini dapat mencapai hingga 1.400 MW.

Letaknya yang berada di ketinggian 634 Mdpl, membuat udara di sekitar PLTA ini terasa sejuk sehingga cocok untuk dijadikan area wisata edukasi yang menyenangkan.

3. PLTA Musi

Berada di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. PLTA ini menjadi pemasok energi listrik yang sangat berpengaruh di Sumatera. Total kapasitasnya mencapai 370 MW dengan potensi energi tahunannya mencapai 1.140 GWh

Dengan besarnya kemampuan daya yang dimiliki, membuat PLTA ini dapat mentransmisikan listrik hingga hampir ke seluruh Sumatera.

4. PLTA Sulewena

Kali ini adalah PLTA terbesar di Indonesia timur. PLTA Sulewena terletak di Desa Sulewena, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.

Dengan potensi daya sebesar 195 MW, membuat PLTA ini dapat mendistribusikan listriknya ke berbagai daerah, diantaranya Palu, Tentena, Poso, dan Parigi.

5. PLTA Sigura-gura

Di Pulau Sumatera juga terdapat pembangkit yang terkenal, yaitu PLTA Sigura-gura. Berada di Desa Paritohan, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

PLTA ini sepenuhnya mendapatkan aliran dari Sungai Asahan yang berasal langsung dari danau terbesar di Indonesia, yaitu Danau Toba. Kapasitas maksimumnya mencapai 286 MW.

Fakta menarik lainnya, ternyata awal mula PLTA ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan energi listrik PT. INALUM (Indonesia Asahan Alumunium).

6. PLTA Sutami

Awalnya, PLTA ini dinamakan PLTA Karangkates. Hal itu karena PLTA ini berada di Waduk Karangkates, Malang, Jawa Timur.

Namun, untuk memberi penghargaan kepada Prof. Dr. Ir. Sutami atas semua jasanya kepada pembangunan di Indonesia. Pada tahun 1981, PLTA tersebut diubah menjadi PLTA Sutami.

Kemampuan produksinya setiap tahun dapat mencapai 360 GWh. PLTA ini juga termasuk dalam jaringan Unit Pembangkit Brantas PT Pembangkitan Jawa-Bali.