Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wujud Zat dan Perubahannya

I. Wujud Zat

Di kehidupan ini terdapat tiga wujud zat, yaitu padat, cair, dan gas. Masing-masing dari ketiga wujud tersebut bisa berubah, seperti pada gambar di bawah ini.

wujud zat dan perubahannya

II. Sifat Zat

Dari ketiga zat tersebut memiliki sifat yang berbeda-beda.


Contoh dari sifat zat sebetulnya dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

  1. Sifat Zat Padat : sebuah batu bentuknya dan volumenya akan tetap sama meskipun batu itu diletakan dimana saja.
  2. Sifat Zat Cair : bentuk dari zat cair akan berubah-ubah menyesuaikan bentuk dari wadah air tersebut namun volumenya akan tetap sama.
  3. Sifat Zat Gas : bentuk dari zat gas akan selalu berubah menyesuaikan dengan ruanganya begitu pula volumenya hal ini dapat kita temukan pada kasus balon,ban sepeda dan sebagainya.
Baca Juga: Besaran dan Satuan

III. Sifat Partikel Zat

Zat terdiri dari bagian kecil-kecil yang dinamakan pertikel. Pertikel suatu zat dapat berupa molekul atau atom. Pertikel penyusun zat padat, cair, dan gas. Mempunyai sifat yang berbeda-beda, seperti yang tertera pada tabel dibawah ini


Partikel-partikel dapat bergerak. Hal ini dapat dibuktikan, seperti contoh berikut:

  • Pada pengaharum ruangan, aroma wanginya dapat menyebar keseluruh ruangan. Hal ini sesuai dengan sifat partikel gas yang menyebar memenuhi ruang.
  • Gula yang dimasukan dalam air, lama-lama gula tersebut mencair dan membuat air tersebut terasa manis.

Kesimpulanya, antara partikel-partikel itu dapat saling tarik-menarik. Gaya tarik-menarik ini dapat dinamakan menjadi adhesi dan kohesi.

  • Adhesi adalah gaya tarik-menarik antara partikel-pertikel yang berbeda jenis. Contohnya, gaya tarik-menarik antara parikel cat dengan kayu.
  • Kohesi adalah gaya tarik-menarik antara partikel-partikel yang sejenis. Contohnya, gaya tarik menarik antara sesama partikel zat cair.