Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kapasitor Mylar/Milar dan Aplikasinya

Kapasitor mylar atau milar, juga dikenal sebagai kapasitor poliester (polyester capacitor), adalah jenis kapasitor film dengan kerapatan energi tinggi. Kapasitor ini menggunakan poliester sebagai bahan dielektrik padat untuk penyimpanan energi. Kapasitor milar juga dapat diklasifikasikan kapasitor non-elektrolitik.

Dielektrik poliester memiliki sifat dielektrik yang tinggi, fitur yang memungkinkan kapasitor mylar relatif lebih kecil daripada kapasitor elektrolitik.

Sementara itu, penyerapan dielektriknya antara 0,2% dan 0,5%, dengan kerugian dielektrik yang kecil. Bahan dielektrik konvensional yang digunakan dalam kapasitor poliester biasanya adalah polietilen tereftalat, dan bahan ini memungkinkan arus bocor rendah selama penyimpanan energi.

Kapasitor Mylar/Milar

Kapasitor milar merupakan jenis kapasitor dengan sifat tahan panas dan kelembaban yang luar biasa (penyerapan kelembaban rendah). Menjadikannya salah satu kapasitor film metalisasi terbaik untuk digunakan pada suhu yang tinggi hingga 125 °C.

Kapasitor milar dapat menahan peringkat tegangan yang tajam dan lonjakan arus AC. Ini dilakukan sambil memungkinkan arus bocor rendah dan kerugian resistif di sirkuit resonansi, dan memiliki rentang tegangan 50 V hingga 650 V.

Kapasitor film poliester juga tidak memiliki polaritas sehingga Anda dapat menghubungkannya di kedua arah. Properti ESR rendah memungkinkan penggunaan kapasitor film daya sebagai filter dalam sistem komunikasi dan aplikasi frekuensi high-end.

Baca Juga: Pengertian Kapasitor Keramik, Jenis, dan Aplikasi

Fitur Kapasitor Mylar

  • Kisaran kapasitansi: 0,001 uF hingga 5,6 uF
  • Rentang tegangan: 50 V hingga 650 V
  • Toleransi: ± 10%
  • Konstanta dielektrik: 3,2 pada 1 MHz
  • Faktor disipasi: 0,5 pada 1 kHz
  • Penyimpangan kapasitansi: 1,5
  • Suhu operasional: 125 °C (maks)

Perbedaan antara Kapasitor Mylar/Poliester dan Kapasitor Lainnya

Meskipun kapasitor keramik dan elektrolit adalah kapasitor yang paling umum digunakan, tetapi kapasitor mylar memiliki aplikasinya sendiri karena sifatnya unik.

Kapasitor mylar memiliki kekuatan dielektrik yang tinggi, sehingga dapat membangun kapasitor tegangan tinggi dalam paket yang lebih kecil dibandingkan dengan kapasitor elektrolitik. Kapasitor ini juga dapat bekerja pada suhu tinggi hingga 125 °C dengan sedikit kompromi pada peringkat tegangan.

Tidak seperti kapasitor elektrolit, kapasitor Mylar memiliki ESR (Equivalent series resistance) yang sangat rendah sehingga cocok untuk aplikasi penyaringan frekuensi tinggi. Karena sifat Poliester kapasitor dapat menahan lonjakan tegangan tajam dan arus bocor.

Konstruksi Kapasitor Mylar

Kapasitor mylar atau poliester dapat dilihat dalam dua jenis utama, yaitu kapasitor film berlapis logam dan versi foil.

Kapasitor mylar menggunakan lapisan logam dan poliester atau dielektrik mylar untuk membuat berbagai nilai kapasitansi, tetapi biasanya dalam paket yang relatif kecil dan untuk tegangan rendah.

Penggunaan lapisan film digulung menyebabkan disipasi tinggi dan masalah kapasitansi vs suhu. Juga operasi pada frekuensi tinggi sebagai akibat dari konstruksi, dll sehingga buruk dan akibatnya tidak digunakan untuk aplikasi frekuensi tinggi atau arus tinggi.

Poliester memiliki konstanta dielektrik yang tinggi, mampu menghasilkan produk berbiaya rendah, dan mampu beroperasi pada suhu tinggi hingga 125 °C, meskipun dengan peringkat tegangan yang dikurangi, mungkin sekitar setengahnya tegangan pengenal.

Aplikasi Kapasitor Mylar

  • Aplikasi penyaringan (filtering) frekuensi tinggi
  • Aplikasi luar ruangan di mana kelembaban menjadi masalah
  • Sirkuit penanganan puncak tegangan atau arus tinggi
  • Rangkaian Coupling dan De-coupling.

Konfigurasi Pin Kapasitor Mylar

Kapasitor mylar tidak memiliki polaritas yang mirip dengan kapasitor keramik. Berarti kapasitor mylar dapat terhubung ke segala arah (bebas).