Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Resistor LDR (Light Dependent Resistor) dan Cara Kerjanya

simbol resistor ldr

Resistor LDR (Light Dependent Resistor) adalah salah satu jenis resistor variabel yang resistansinya dapat berubah-ubah tergantung pada jumlah cahaya yang mengenai permukaannya. Singkatnya, hambatan resistor LDR akan berubah tergantung intensitas cahaya. Resistor LDR juga biasa dikenal sebagai resistor foto, fotosel, atau fotokonduktor.

Fungsi Resistor LDR (Light Dependent Resistor)

Resistor LDR pada umumnya sering digunakan pada sirkuit yang memerlukan sensitivitas keberadaan cahaya. Resistor ini memiliki fungsi dan hambatan yang beragam. Misalnya, ketika LDR dalam keadaan gelap maka LDR dapat digunakan untuk menyalakan lampu, atau bisa juga sebaliknya, yaitu untuk mematikan lampu ketika dalam keadaan terang.

Cara Kerja Resistor LDR (Light Dependent Resistor)

Resistor LDR cara kerjanya berdasarkan prinsip konduktivitas foto (photo conductivity), yaitu ketika terdapat cahaya mengenai permukaannya maka konduktivitas pada material akan berkurang yang membuat elektron pada pita valensi perangkat tereksitasi ke pita konduksi. Dengan demikian, foton dalam cahaya yang datang harus memiliki energi yang lebih besar dari celah pita bahan semikonduktor, agar elektron dapat melewati dari pita valensi ke konduksi.

Komponen ini memang sangat bergantung pada cahaya, ketika terdapat cahaya yang mengenai LDR maka resistansinya akan berkurang, tetapi ketika dalam keadaan gelap maka resistansinya akan meningkat. Anda dapat dengan mudah menemukan pengaplikasian resistor LDR, seperti pada lampu di pinggir jalan atau lampu di luar ruangan, di mana sistemnya berjalan secara otomatis berdasarkan intensitas cahaya.

Baca Juga: Pengertian LED, Fungsi, Jenis, Simbol, dan Cara Kerjanya

Jenis-jenis Resistor LDR (Light Dependent Resistor)

Berdasarkan bahan yang digunakan, resistor LDR diklasifikasikan menjadi dua, yaitu resistor foto intrinsik dan resistor foto ekstrinsik. Berikut adalah penjelasannya.

Resistor Foto Intrinsik (Intrinsic Photo Resistors)

Resistor ini adalah perangkat semikonduktor murni seperti silikon atau germanium. Ketika cahaya mengenai permukaan LDR maka elektron tereksitasi dari pita valensi ke pita konduksi. Akibatnya, elektron-elektron ini bebas menghantarkan listrik. Semakin banyak cahaya yang mengenai permukaan, semakin banyak elektron yang dibebaskan dan semakin besar tingkat konduktivitas.

Resistor Foto Ekstrinsik (Extrinsic Photo Resistors)

Perangkat ini didoping dengan pengotor, dan pengotor ini menciptakan pita energi baru di atas pita valensi. Pita ini diisi dengan elektron. Oleh karena itu, ini mengurangi celah pita dan sejumlah kecil energi diperlukan untuk memindahkannya. Resistor ini terutama digunakan untuk gelombang yang panjang.

Pertanyaan yang Sering Muncul seputar Resistor LDR

Mengapa harus menggunakan resistor LDR?

Rumah Anda pasti memiliki penerangan di luar ruangan. Saat malam hari pasti akan dinyalakan, sedangkan pada pagi hari pasti akan dimatikan. Bayangkan jika Anda adalah seorang yang pelupa atau berkegiatan super padat sehingga penerangan yang seharusnya dinyalakan/dihidupkan malah telat atau tidak sama sekali. Namun, dengan menggunakan resistor LDR maka semuanya berjalan otomatis.

Apa keuntungan menggunakan Resistor LDR?

  • Sensitivitasnya Tinggi
  • Perangkat sederhana & Kecil
  • Mudah digunakan
  • Murah
  • Tidak ada potensi persatuan.
  • Rasio resistensi terang-gelap tinggi.
  • Koneksinya sederhana

Apa kekurangan menggunakan Resistor LDR?

  • Respon spektral sempit.
  • Efek histeresis.
  • Stabilitas suhu rendah untuk material tercepat.
  • Variasi nilai hambatan memiliki delay tertentu, berbeda jika berubah dari gelap ke terang atau dari terang ke gelap. Ini membatasi penggunaan LDR dalam aplikasi di mana sinyal cahaya bervariasi dengan cepat.

Apa saja aplikasi resistor LDR?

Resistor LDR adalah perangkat yang sederhana dan murah. Perangkat ini digunakan di mana ada kebutuhan untuk merasakan (sensor) ada dan tidaknya cahaya. Resistor LDR banyak digunakan sebagai sensor cahaya yang mencakup, seperti jam alarm, lampu jalan, lampu di luar ruangan, pengukur intensitas cahaya, sirkuit alarm pencuri.