Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Brabus 1300 R Motor Kolaborasi antara KTM dan Brabus

Untuk para penggemar otomotif, khususnya yang roda empat pasti sudah tidak asing lagi dengan Brabus. Bagaimana tidak, Brabus merupakan sebuah perusahaan tuning aftermarket terkenal yang sering kali mentuning mobil-mobil keluaran Mercedes-Benz menjadi lebih buas dan mewah, bahkan lebih high-end dari versi AMG-nya. Namun, pernahkah Anda mendengar Brabus mentuning sebuah kendaraan sepeda motor?

Brabus 1300 R Review

Brabus 1300 R adalah motor Brabus pertama yang dikerjakan bersama dengan KTM, sebuah perusahaan sepeda motor terkemuka asal Austria. Dalam kolaborasi baru ini, KTM dan Brabus bergabung untuk menciptakan sepeda motor tingkat lanjut yang menggabungkan kreativitas, bahasa desain yang unik, teknik teknis, dan keahlian manufaktur. Dari kolaborasi ini terciptalah sebuah sepeda motor jenis naked bike mewah dan unik yang dijamin bakal membuat para pecinta otomotif, khususnya roda dua menjadi terheran-heran seketika.

Detail mesin dari Brabus 1300 R juga sangat menakjubkan, seperti layaknya supercar Brabus, bahan dan sentuhan akhirnya juga mengadopsi kelas tertinggi. Brabus 1300 R dibangun dengan menggunakan platform KTM 1290 Super Duke R Evo sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas, kekuatan, dan eksklusivitasnya. Menurut Brabus, motor naked-bike ini diperuntukkan untuk seorang pria dengan jiwa pemberontak dan tanpa kompromi. Terdengar lebay, tapi jika dilihat lagi desainnya, memang benar motor ini cocok dengan apa yang diinginkan Brabus.

Brabus 1300 R Review

Motor Brabus 1300 R tersedia dalam dua pilihan, yaitu Magma Red dan Signatur Black. Keduanya sama-sama menarik dan dengan rasa handbuild eksklusivitas yang tinggi. Untuk setiap jenis dari kedua pilihan tersebut hanya tersedia 77 unit, dan semua unit tersebut sudah dipesan sebelumnya. Namun, Anda dapat ditambahkan ke daftar tunggu dan akan diberi tahu jika tersedia! Motor ini dijual di Eropa dengan harga mulai dari 51.466 Euro.

Baca Juga: Inovasi BMW, Bodi Mobil Dapat Berubah Warna

Desain dan Eksterior Brabus 1300 R

Brabus mengistilahkan desain motor ini dengan ‘badass’ dan dengan keagungan kelas atas yang eksklusif. Ini memang sangat terlihat, terlebih Brabus 1300 R dirancang dengan berbagai material premium, seperti karbon. Lampu depan LED yang mencolok di bagian depan dijamin akan langsung menarik perhatian Anda. Pada bagian velg, Brabus 1300 R menggunakan Monoblock Z ringan yang dikembangkan khusus untuk model ini sehingga menekankan tampilan yang sporty, sementara kursi/jok dibekali pemanas yang memberikan kombinasi unik antara nuansa berkendara dan kenyamanan.

Brabus 1300 R Review

Performa Brabus 1300 R

Dengan 180 hp pada 9.500 rpm dan 140 Nm pada 8.000 rpm yang dihasilkan dari mesin V-twin 1.301cc, tidak ada lagi yang dapat diragukan soal performanya. Sebagai tolak ukur evolusi V-twin, mesin kelas atas ini tidak hanya memastikan performa yang luar biasa, tetapi juga berperan sebagai komponen penting dari stabilitas motor naked bike. Motor ini juga sangat laju, 0—100 dapat diraih hanya dengan waktu 3,2 detik saja. Brabus juga memberikan knalpot yang khusus dual-pipe untuk motor ini, membuat suara karakternya menjadi luar biasa. Untuk berat keseluruhan motor ini adalah 194 kg.

Brabus 1300 R Review

Roda dan Suspensi Brabus 1300 R

Brabus 1300 R dibekali velg Monoblock Z 9-spoke yang ringan, selain membuat desainnya menjadi tampak sangar, tetapi keandalanya juga luar biasa. Teknologi suspensi semi-aktif WP mengubah sepeda motor luar biasa ini menjadi pemburu tikungan yang gesit dengan hanya menekan satu tombol saja. Hal ini karena Brabus 1300 R dilengkapi dengan suspensi yang memiliki katup solenoid yang baru dikembangkan dan dikontrol secara elektronik untuk redaman variabel. Ini menawarkan berbagai pilihan penyesuaian, mulai dari kenyamanan jalan maksimum hingga pengaturan yang sangat kaku untuk trek balap. Selain itu, sistem suspensi cerdas ini dilengkapi mode auto yang secara otomatis menyesuaikan dengan kondisi dan masukan pengemudi, menjaga fokus pada jalan setiap saat.

Fitur Berkendara Brabus 1300 R

Sama seperti supercar Brabus pada umumnya, Brabus 1300 R memiliki fitur terbaik dalam teknologi high-end. Untuk kontrol maksimum, Brabus 1300 R memiliki fitur kontrol traksi yang inovatif, fungsi anti-wheelie, dan mode mengemudi yang dapat dipilih yang beradaptasi dengan lingkungan dan suasana hati apa pun.

Brabus 1300 R Review

Perkembangan ini telah disesuaikan untuk memberikan umpan balik yang lebih tepat dari mesin dan intervensi optimal dari sistem keselamatan. Dengan demikian, Quickshifter+ merespons lebih cepat dan kontrol traksi pada fungsi anti-wheelie memberikan umpan balik yang intuitif. Semua pengaturan mudah diakses hanya melalui saklar, dan semua informasi ditampilkan pada layar TFT penuh warna yang besar.