Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Renault Ez-Go Transportasi Umum Otonom yang Canggih dan Cantik

Renault memperkenalkan sebuah konsep kendaraan listrik otonom yang dapat dioperasikan layaknya transportasi umum. Konsep kendaraan tersebut diberi nama Renault Ez-Go. Kendaraan ini sekilas memang menyerupai mobil, tetapi tentu saja desainnya lebih futuristik. Menurut produsen otomotif asal Perancis tersebut, kendaraan listrik otonom adalah kendaraan yang akan mulai banyak digunakan di masa depan.

Renault Ez-Go Transportasi Umum Otonom yang Canggih dan Cantik

Renault Ez-Go memiliki satu pintu besar yang berada di depan, semua penumpang akan masuk melalui depan, pintu ini juga di desain untuk dapat dilalui bagi pengguna kursi roda. Untuk kapasitas penumpangnya Renault Ez-Go dapat menampung penumpang hingga 6 orang. Kursi yang ada di dalam berbentuk U, membuat penumpang bisa saling berhadap-hadapan. Renault Ez-Go memiliki banyak material kaca di bodinya, selain kaca pada samping kanan-kiri, depan, belakang, di atas juga ada kaca panoramik yang sangat besar.

Karena kendaraan ini otonom maka di dalam kabin sudah tidak ada lagi kemudi, semuanya secara otomatis diataur dengan semua piranti alat canggih dan sensor-sensor pintar yang dapat mengatur jarak dari kendaraan di depan dan tetap berada di jalur. Selain itu, sensor tersebut juga mengatur bagaimana mobil itu berpindah jalur dan berbelok di persimpangan.

Baca Juga: Mobil Tenaga Surya: Cara kerja, Perkembangannya, Kelebihan, dan Kekurangan

Untuk memastikan keselamatan para penumpangnya, Renault Ez-Go memiliki kecepatan terbatas, yaitu 30 mil per jam saja. Di bagian depan terdapat strip lampu yang dapat menunjukkan saat mobil dalam mode otonom dan menampilkan pesan untuk memberi tahu pejalan kaki kapan mereka bisa menyeberang jalan. Di luar juga terdapat suara yang dipancarkan untuk memberi sinyal keberadaan kendaraan kepada pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Dengan banyaknya fitur kecanggihan yang dimilikinya, semua akan terasa lebih mudah, dan penumpang hanya tinggal duduk di dalam sambil menikmati pemandangan di seluruh tempat yang dilaluinya melalui kaca-kaca besar yang ada di Renault Ez-Go.

Renault Ez-Go Transportasi Umum Otonom yang Canggih dan Cantik

Renault Ez-Go rencananya akan digunakan layaknya Uber Taxi yang ada di Amerika dan Kota-kota besar di Eropa. Maka dari itu, para penumpang hanya membutuhkan aplikasi smartphone untuk menggunakan jasa Renault Ez-Go, dan nanti kendaraan listrik otonom tersebut akan menghampiri para penumpangnya. Selain itu, Renault juga mengatakan bahwa mereka akan menawarkan harga yang sangat kompetitif, dibandingkan dengan layanan transportasi umum yang ada, meskipun rincian biayanya belum diungkapkan. 

Untuk menunjang kesenangan penumpang yang ada di dalam, selain adanya atap panoramik yang membanjiri seluruh atap sehingga membuat penumpang lebih merasa lega, Renault Ez-Go juga delengkapi dengan konektivitas Wi-Fi dan perangkat pengisian daya smartphone. Selain itu, di bagian interior depan juga terdapat sebuah layar besar yang dapat menampilkan informasi tentang perjalanan.