Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Panel Surya yang Benar untuk Mendapatkan Hasil yang Optimal

Pemasangan panel surya pada intinya adalah membuat permukaan panel surya mendapatkan pencahayaan matahari. Lebih dari itu, ternyata ada hal-hal penting lain yang perlu diperhatikan supaya mendapatkan hasil yang lebih efisien.

Cara Memasang Panel Surya

Banyak dari para pengguna awam yang coba-coba memasang panel sendiri dan tanpa bimbingan teknisi ahli, tetapi yang didapat hasil dari konversi cahaya matahari ke listrik yang kurang optimal. Mencoba sesuatu hal yang baru memang baik. Namun, lebih baik lagi jika mempunyai pedoman yang benar sebelum melakukan suatu hal yang baru.

Apabila Anda sedang merencanakan pemasangan panel surya, tetapi bingung atau takut hasilnya tidak memuaskan, ada baiknya simak artikel ini supaya mendapat pedoman yang berguna dalam hal pemasangan panel surya. Ok, langsung saja!

Memilih Tempat dan Sudut Kemiringan yang Tepat

Indonesia negara yang terletak di garis khatulistiwa atau ekuator, yaitu sebuah garis imajinasi yang digambar di tengah-tengah planet di antara dua kutub dan paralel terhadap poros rotasi planet. Garis khatulistiwa ini membagi Bumi menjadi dua, bagian belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis lintang ekuator adalah 0°.

Artinya, Indonesia mimiliki wilayah yang berada di sebelah utara garis dan di sebelah selatan garis. Jika wilayah yang berada di utara garis maka permukaan panel surya menghadap ke selatan, sedangkan yang di selatan garis panel surya menghadap ke utara.

Wilayah yang berada di garis khatulistiwa memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya, saat pemasangan panel surya tidak perlu terlalu miring. Di Indonesia cukup dengan kemiringan 5° — 11°. Contoh, kota Jayapura yang berada dekat di sebelah selatan garis khatulistiwa maka cukup membuat panel surya menghadap ke utara dengan kemiringan 6° saja. Apabila di Jakarta cukup buat panel surya menghadap ke utara dengan kemiringan 11°.

Baca Juga: Benarkah Panel Surya Hanya Dapat Bekerja dengan Cahaya Matahari?

Menjaga Temperatur Panel Surya

Panel surya memang bekerja jika ada cahaya matahari, tapi jika terjadi cuaca yang sangat ekstrem bukannya dapat bekerja secara optimal, yang ada malah menjadikan panel surya tidak dapat bekerja secara opimal. 

Maka dari itu, perlu adanya sirkulasi udara yang cukup di bawah panel surya supaya menjaga temperatur panel surya tetap aman. Jadi, misalkan memasang panel surya di atap usahakan jangan memasangnya terlalu mepet agar ada ruang untuk sirkulasi udara di bawah.

Jangan Ada Benda yang Menghalangi Permukaan Panel Surya

Kesalahan ini juga sering terjadi. Saat memasang panel surya kita harus melihat di sekeliling apakah ada benda yang menghalangi cahaya matahari ke panel surya, jika ada maka segera singkirkan.

Pohon misalnya, sering kali bayang pohon menghalangi cahaya matahari. Jika sudah begitu, segera potong ranting-ranting pohon yang menghalangi agar panel surya mendapatkan pecahayaan yang optimal.