Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Atom | Fisika

Mempelajari atom dalam fisika adalah merupakan suatu hal yang sangat penting. Karena jika sudah memahami atom maka konsep dalam pembelajaran fisika akan lebih mudah, terutama dalam soal kelistrikan. Lalu, apasih yang dimaksud atom itu?

Atom adalah satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom, serta elektron yang mengelilingi inti atom melalui jalur orbitnya. Untuk lebih jelasnya, amatilah gambar di bawah ini.

Struktur atom

Struktur atom terdiri dari inti atom (nucleus) dan elektetron yang bermuatan negative (-). Inti atom terdiri dari proton yang bermuatan positive (+) dan neutron yang bermuatan netral (kecuali pada inti atom hidrogen-1 yang tidak mempunyai neutron). Struktur atom yang detail dapat diamati pada gambar di bawah ini

struktur atom

Elekrtron-elektron yang mengelilingi inti atom ini terjadi akibat gaya elektromagnetic. Orbit elektron pada kulit atom dimulai K, L, M, N, O, P, dan Q. Di bawah ini terdapat tabel yang berisikan beberapa susunan konfigurasi elektron beberapa atom:

susunan konfigurasi elektron

Elektron paling luar disebut dengan elektron valensi. Elektron valensi berperan pada reaksi kimia di mana atom baru bergabung dengan atom yang lain.

Baca Juga: Ion

Atom memiliki satuan masa yang sangat kecil, sehingga dalam perhitungannya didefinisikan satuan massa atom (1 sma). Di mana:

1 sma = 1,6 x 10-27 kg

Contoh: Atom alumunium bermassa 27 sma, Helium bermassa 4 sma, Nitrogen bermassa 16 sma, dan lain sebagainya.

Dalam unsur kimia, atom disimpulkan dengan notasi sebagai berikut:


Keterangan:

  • Z = nomor atom
  • X = lambang suatu unsur
  • A = nomor massa

Nomor atom (Z) menunjukan jumlah proton dan jumlah elektron pada atom netral, sedangkan nomor massa (A) menujukan hasil penjumlahan proton dan neutron.

Jumlah neutron (n) = A –Z

Ada beberapa atom yang memiliki jumlah nomor atom sama atau nomor massa sama. Atom-atom yang memiliki nomor atom sama disebut isotop. Atom-atom yang memiliki nomor massa sama disebut isobar, sedangkan atom-atom yang memiliki jumlah neutron yang sama disebut isoton.

Menurut teori atom Rutherford-Bohr. Atom terdiri dari inti atom yang terdiri dari proton dan neutron yang dikelilingi oleh elektron pada orbit tertentu. Proton, elektron, dan neutron disebut partikel sub atom. Masing-masing memiliki sifat-sifat sebagi berikut:

tabel partikel atom
  • Muatan proton: 1,6 x 10-19 Coulomb.
  • Muatan elektron: -1,6 x 10-19 Coulomb.