Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Merk Setrika Solder yang Bagus Paling Direkomendasikan

Ditinjau dari tata bahasa, setrika solder (bahasa Inggris: soldering iron) adalah alat yang digunakan dalam proses penyolderan untuk memanaskan permukaan logam yang akan disolder dan melelehkan solder.

Setrika solder umumnya berbentuk seperti pena atau alat pemantik, dengan ujung yang terbuat dari bahan yang dapat menahan panas tinggi.

Sementara itu, solder atau tenol adalah bahan yang digunakan dalam proses penyolderan, yaitu metode penggabungan dua atau lebih komponen logam dengan menggunakan panas untuk melelehkan solder dan menggabungkan komponen tersebut.

Solder biasanya terdiri dari campuran logam seperti timah dan timbal, yang memiliki titik leleh yang relatif rendah agar mudah digunakan dalam proses penyolderan.

Apabila Anda sedang mencari setrika solder dan bingung untuk menentukan membeli yang mana, pada artikel ini akan diberikan rekomendasi 10 merk setrika solder bagus yang mungkin cocok untuk Anda beli. Berikut adalah daftarnya:

1. Weller WE1010

Weller WE1010 memiliki daya sebesar 70 Watt dan rentang suhu antara 100°C hingga 450°C. Dilengkapi dengan kontrol suhu digital dan layar LED, serta fitur pemulihan suhu otomatis dan penggantian cepat ujung setrika solder.

Harga Solder
(Weller WE1010 70 W)

Weller adalah merk yang terkenal secara global dan dikenal karena kualitas dan inovasi produknya. Merk ini sering digunakan oleh profesional dan DIY enthusiast karena kinerja yang andal dan fitur-fitur canggih yang ditawarkannya.

Weller juga memiliki reputasi yang baik dalam hal pemanasan yang cepat dan stabil, serta kontrol suhu yang akurat.

2. Hakko FX-888D

Dengan daya 70 Watt dan suhu yang dapat diatur antara 200°C hingga 480°C, Hakko FX-888D juga dilengkapi dengan kontrol suhu digital dan pengunci. Pemanasan yang cepat dan stabil, serta desain ergonomis dan ringkas.

Harga Solder
(Hakko FX888D)

Hakko dikenal dengan kualitas produknya yang tinggi, termasuk pada FX-888D ini. Setrika solder ini dirancang dengan konstruksi yang kokoh dan tahan lama, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3. Tekiro EL-SD1772

Tekiro EL-SD1772 memiliki daya sebesar 60 Watt, yang cukup untuk sebagian besar pekerjaan soldering biasa. Daya yang cukup memungkinkan penggunaan yang efisien dan memberikan hasil solderan yang baik.

Harga Solder
(Tekiro EL-SD1772)

Tekiro adalah merk asal Indonesia yang terkenal dan memiliki reputasi yang baik. Merk ini telah lama hadir di pasar perkakas dan peralatan teknik, dan dikenal karena kualitas produk yang andal.

4. Goot PX-201

Produk ini memiliki daya 60 Watt dan suhu yang dapat diatur antara 250°C hingga 450°C. Dilengkapi dengan kontrol suhu analog dan fitur pengunci suhu, solder ini tahan lama dan andal.

Harga Solder
(Goot PX-201)

PX-201 memiliki ukuran yang kompak dan ringan, sehingga nyaman ketika dioperasikan. Goot PX-201 adalah salah satu setrika solder andalan dari Goot yang telah digunakan oleh banyak pengguna.

5. Yihua 937D+

Yihua 937D+ memiliki daya 45 Watt dan suhu yang dapat diatur antara 200°C hingga 480°C, juga memiliki kontrol suhu digital dengan pengunci. Pemanasan yang cepat dan stabil, serta fitur pemulihan suhu otomatis. Canggih lah, pokoknya.

Harga Solder
(Yihua 937D+)

Yihua 937D+ 45W dapat digunakan untuk menyolder dan merawat komponen chip, komponen plug-in, kabel, dan komponen terintegrasi.

6. Kenmaster Dual Heat Soldering Iron

Kenmaster dual heat merupakan setrika solder tembak berbahan paduan besi dan plastik yang didesain ergonomis dengan ujung runcing dan penghantar panas yang bagus.

Harga Solder
(Kenmaster Dual Heat Soldering Iron)

Dapat menghasilkan suhu panas hingga 150 derajat celcius ketika ditekan pelatuknya. Diklaim memiliki fitur pemanasan ganda yang memungkinkan pengguna untuk memilih antara dua tingkat suhu yang berbeda.

7. Lukey 702

Setrika solder ini memiliki daya sebesar 60 Watt dan rentang suhu antara 200°C hingga 480°C. Selain itu, dilengkapi dengan kontrol suhu analog, desainnya ringkas dan portabel, serta memiliki harga yang terjangkau.

Harga Solder
(Lukey 702)

Lukey 702 juga merupakan set stasiun hot air soldering digital 2-in-1 yang mencakup rework ESD hot air gun ESD, electric soldering iron, dan repair tools.

8. Proskit SS-206E

Proskit SS-206E adalah setrika solder kelas industri 60 W dengan tampilan digital anti-statis. Ini memiliki daya konsumsi 60 W, tegangan output 24 VAC, dan display analog.

Harga Solder
(Proskit SS-206E)

Dilengkapi dengan kontrol suhu analog dan fitur pengunci suhu, soldering iron ini relatif mudah digunakan dan cocok untuk berbagai aplikasi soldering.

9. Quick 203H

Quick 203H adalah salah satu setrika solder yang populer di pasaran. Solder ini memiliki daya sebesar 60 Watt dan rentang suhu yang dapat diatur antara 200°C hingga 480°C.

Harga Solder
(Quick 203H)

Produk ini dilengkapi dengan kontrol suhu digital, pengunci suhu, dan fitur pemulihan suhu otomatis, setrika solder ini dapat memberikan pemanasan yang cepat dan stabil.

10. Kada 936A

Kada 936A adalah salah satu setrika solder yang populer dan terjangkau di pasaran. Produk ini memiliki daya 60 Watt dan rentang suhu yang dapat diatur antara 200°C hingga 480°C. Memiliki kontrol suhu analog dan dirancang dengan desain ringkas dan portabel.

Harga Solder
(Kada 936A)

Kada 936A dapat diandalkan dalam memberikan kinerja yang memadai untuk sebagian besar tugas soldering standar. Jika Anda mencari solder yang terjangkau untuk tugas-tugas soldering dasar, Kada 936A dapat menjadi pilihan yang baik.