Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Payung Tenaga Surya Solusi Cerdas Mengatasi Perubahan Iklim

Perubahan iklim berkontribusi pada peningkatan suhu rata-rata Bumi. Di siang hari panas terasa menyengat, apalagi yang di kota-kota besar, di mana ruang terbuka sudah tergantikan dengan berbagai macam bangunan.

Solar Umbrella

Saat ini teknologi sudah semakin berkembang dengan berbagai inovasi sudah diterapkan di banyak aspek, salah satu contohnya payung tenaga surya atau payung surya (solar umbrella).

Payung surya adalah perangkat yang dirancang untuk menghasilkan energi listrik dari sinar matahari sambil memberikan perlindungan dari sinar matahari langsung.

Ini adalah kombinasi antara payung atau tenda yang dirancang dengan panel surya terintegrasi yang menyerap energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik yang dapat digunakan.

Solar Umbrella

Panel surya yang terpasang pada payung surya biasanya terhubung ke baterai yang dapat menyimpan energi yang dihasilkan dari sinar matahari.

Energi yang disimpan dalam baterai ini kemudian dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, kamera, dan penerangan di malam hari karena biasanya payung sudah terpasang lampu dari pabriknya.

Solar Umbrella

Payung tenaga surya sering digunakan di tempat-tempat seperti taman, pantai, atau area outdoor lainnya yang sering terpapar sinar matahari.

Selain memberikan perlindungan dari sinar matahari, payung surya juga membantu dalam mengurangi penggunaan listrik dari sumber energi fosil dan berkontribusi pada penggunaan energi terbarukan.

Artinya, dengan menggunakan payung surya maka selain mendapat manfaat tempat berteduh dari panasnya sinar matahari, tetapi juga ikut mengatasi perubahan iklim karena menggunakan energi terbarukan.

Solar Umbrella

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun payung surya dapat menghasilkan energi listrik, jumlah energi yang dihasilkan tergantung pada ukuran panel surya dan tingkat intensitas sinar matahari yang tersedia.

Oleh karena itu, payung tenaga surya mungkin tidak selalu dapat menghasilkan daya yang cukup untuk mengisi daya perangkat secara cepat atau untuk penggunaan yang sangat intensif.