Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Resistor Tetap, Fungsi, dan Jenis

Resistor tetap adalah resistor yang paling umum digunakan, dan juga merupakan komponen elektronik yang paling banyak digunakan. Resistor tetap biasanya terbuat dari bahan karbon.

Resistor tetap memiliki fungsi untuk membatasi aliran arus dalam suatu rangkaian. Sering digunakan dalam desain sirkuit, resistor tetap hadir dengan resistansi tetap dan membantu membatasi aliran arus pada tingkat tertentu.

Resistor tetap dapat didefinisikan sebagai sebuah resistor yang memiliki hambatan listrik tetap dan terdefinisi yang tidak dapat disesuaikan.

Resistor tetap akan memiliki resistansi ohmik yang konstan dalam semua keadaan. Resistansi ini tidak bergantung pada frekuensi, voltase, atau suhu.

Resistor Tetap

Dalam prakteknya tidak ada resistor yang sempurna dan semua resistor memiliki kapasitansi dan induktansi stray tertentu, sehingga menghasilkan nilai impedansi yang berbeda dengan nilai resistansi nominalnya.

Bahan resistor memiliki koefisien suhu tertentu, menghasilkan ketergantungan suhu dari nilai resistor.

Jenis dan bahan resistor yang berbeda menentukan ketergantungan nilai resistansi pada faktor eksternal ini.

Misalnya, tergantung pada akurasi yang diperlukan, disipasi daya dan persyaratan kebisingan, jenis, dan bahan.

Resistor tetap tersedia dalam paket timbal aksial (axial leaded) dan surface mount beserta paket yang dapat disesuaikan tergantung pada aplikasinya.

Resistor timbal aksial dulunya merupakan yang paling banyak digunakan, saat ini perangkat pemasangan di permukaan atau SMD (surface mount devices) lebih diunggulkan sehingga lebih sering digunakan.

Film karbon (Carbon film resistor) adalah bahan resistor yang paling banyak digunakan. Oleh karena itu, resistor tetap biasanya terbuat dari bahan film karbon yang ditempatkan pada substrat keramik.

Cara Kerja Resistor Tetap

Resistor tetap adalah komponen pasif dua terminal yang digunakan untuk mengimplementasikan hambatan listrik seperti pada elemen rangkaian.

Aliran arus di seluruh resistor berbanding lurus dengan suplai tegangan di kedua terminal resistor.

Jadi, hubungan ini dapat secara sederhana ditandai dengan menggunakan hukum Ohm, yaitu V = I × R.

Di mana 'V' adalah tegangan melintasi resistor, 'I' adalah arus melalui resistor, dan 'R' adalah nilai resistansi.

Misalnya, jika resistor 200 Ohm dihubungkan dengan beda potensial 40 Volt, maka arus 0,2 Ampere mengalir melalui resistor tersebut.

Jenis resistor tetap

Berikut ini adalah berbagai jenis resistor tetap:

  • Wire wound resistor
  • Resistor komposisi karbon (Carbon composition resistor)
  • Resistor film karbon (Carbon film resistor)
  • Resistor film logam (Metal film resistor)
  • Resistor film oksida logam (Metal oxide film resistor)
  • Resistor glasir logam (Metal glaze resistor)
  • Resistor foil (Foil resistor)

Wire wound resistor

Wire wound resistor adalah jenis komponen pasif, yang dibuat dengan melilitkan kawat logam di sekitar inti logam. Kawat logam bertindak sebagai elemen resistif terhadap arus listrik. Oleh karena itu, kawat logam membatasi arus listrik ke tingkat tertentu.

Resistor Tetap

Inti logam bertindak sebagai bahan non-konduktif. Dengan demikian, itu tidak memungkinkan arus listrik melewatinya.

Manganin atau nichrome umumnya digunakan sebagai kawat logam karena memberikan ketahanan yang tinggi terhadap arus listrik.

Resistor komposisi karbon (Carbon composition resistor)

Resistor komposisi karbon adalah jenis komponen pasif yang berfungsi membatasi aliran arus listrik ke tingkat tertentu.

Resistor komposisi karbon dibuat dari elemen resistif silinder dengan tutup ujung logam tertanam.

Elemen resistif silinder resistor komposisi karbon terbuat dari campuran bubuk karbon dan keramik. Serbuk karbon bertindak sebagai konduktor arus listrik yang baik.

Resistor komposisi karbon adalah resistor yang paling sering digunakan pada tahun 1960-an dan sebelumnya.

Namun, sekarang resistor ini jarang digunakan karena harganya yang mahal dan stabilitasnya yang rendah.

Resistor film karbon (Carbon film resistor)

Resistor film karbon adalah resistor yang paling banyak digunakan di sirkuit elektronik. Resistor film karbon dibuat dengan menempatkan film karbon pada substrat keramik.

Film karbon bertindak sebagai elemen resistif terhadap arus listrik dan substrat keramik bertindak sebagai bahan isolasi terhadap arus listrik.

Resistor Tetap

Tutup ujung logam dipasang di kedua ujung elemen resistif. Lead yang terbuat dari tembaga disambungkan di dua ujung tutup ujung ini.

Resistor film karbon menghasilkan lebih sedikit noise daripada resistor komposisi karbon.

Resistor film logam (Metal film resistor)

Resistor film logam adalah jenis komponen pasif di mana film logam digunakan untuk membatasi aliran arus listrik ke tingkat tertentu. Konstruksi resistor film logam hampir mirip dengan resistor film karbon.

Satu-satunya perbedaan adalah bahan yang digunakan untuk membuat film. Pada resistor film karbon, film dibuat dengan menggunakan karbon, sedangkan pada resistor film logam, film dibuat dengan menggunakan kromium nikel atau timah dan antimon.

Resistor film logam memiliki TCR (Temperature Co-efficient of Resistance) yang rendah. Tingkat di mana resistansi material berubah dengan kenaikan suhu disebut TCR.

Resistor film oksida logam (Metal oxide film resistor)

Resistor film oksida logam adalah jenis komponen pasif di mana film oksida logam digunakan sebagai elemen resistif untuk membatasi aliran arus listrik ke tingkat tertentu.

Konstruksi resistor film oksida logam hampir mirip dengan resistor film logam. Satu-satunya perbedaan adalah bahan yang digunakan untuk membuat film.

Pada resistor film logam, film dibuat dengan menggunakan logam seperti kromium nikel, sedangkan pada resistor film oksida logam, film dibuat dengan menggunakan oksida logam seperti oksida timah.

Biaya resistor film oksida logam rendah dibandingkan dengan resistor komposisi karbon. Resistor ini beroperasi pada suhu tinggi.

Resistor glasir logam (Metal glaze resistor)

Resistor glasir logam adalah jenis komponen pasif di mana bubuk kaca dan campuran partikel logam digunakan untuk membatasi aliran arus listrik ke tingkat tertentu.

Resistor glasir logam memiliki TCR (Temperature Co-efficient of Resistance) yang rendah.

Resistor foil (Foil resistor)

Resistor Tetap

Resistor foil adalah komponen paling akurat dan stabil yang digunakan untuk membatasi aliran arus listrik ke level tertentu.

Resistor foil menghasilkan kebisingan yang rendah dibandingkan dengan jenis resistor lainnya.

Resistor ini juga disebut resistor presisi tinggi. Resistor foil memiliki TCR (Temperature Co-efficient of Resistance) yang rendah.