Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Menghemat Listrik di Rumah secara Efektif

cara menghemat listrik

Menghemat energi listrik saat ini sudah seperti keharusan. Bagaimana tidak, energi listrik pada saat ini masih didominasi hasil dari sumber energi tidak terbarukan dan tidak ramah lingkungan pula. Bayangkan saja apabila sumber energi tidak terbarukan itu digunakan terus-menerus, pasti akan cepat habis bukan?

Oleh karena itu, agar sumber energi (tidak terbarukan) tidak cepat habis, dan sembari menunggu adanya sumber energi terbarukan ramah lingkungan tersedia dalam jumlah yang besar, sudah seharusnya kita menghemat penggunaan energi listrik. Menghemat energi listrik selain menghemat pengeluaran, tetapi juga ikut menjaga lingkungan karena tidak ikut serta memperbesar pengeluaran emisi karbon.

Menghemat energi listrik terdapat banyak sekali caranya. Apabila Anda masih belum tahu cara atau metode dalam penghematan listrik, pada artikel ini akan dijelaskan 10 cara mengehematan energi listrik yang tentunya sangat efektif jika Anda menerapkannya. Ok, langsung saja berikut adalah 10 cara efektif dalam menghemat penggunaan listrik.

1. Menggunakan Peralatan Elektronika Berdaya Rendah

Semakin majunya teknologi maka efisiensinya juga semakin baik. Dalam hal peralatan elektronik ini dapat dilihat dari besarnya daya yang dipakai. Pada saat ini, sudah banyak peralatan elektronika yang menawarkan penggunaan daya yang lebih rendah. Oleh karena itu, jika peralatan elektronika Anda masih menggunakan daya yang tinggi maka segera perbarui ke daya yang lebih rendah.

Contohnya, mengganti lampu yang hemat energi, seperti LED. Penggunaan lampu LED manfaatnya selain hemat energi, tetapi sinarnya juga terang. TV saat ini juga sudah ada yang LED dimana daya yang digunakan juga lebih rendah, tetapi dengan kualitas gambar luar biasa. Selain itu, saat ini juga sudah banyak kulkas, penanak nasi, AC, dll yang menawarkan kehematan luar biasa.

2. Mematikan Lampu Ketika Tidak Digunakan

Mematikan lampu ketika tidak digunakan adalah hal yang sepele. Namun, berperan besar untuk penghematan energi listrik. Lampu memang sangat dibutuhkan ketika aktifitas di malam hari, tetapi ketika tidur lebih baik dimatikan karena selain untuk berhemat energi, tidur dalam keadaan gelap juga baik untuk kesehatan. Pada pagi hari setelah bangun tidur, lampu juga sebaiknya juga langsung dimatikan dan jangan menunggu hingga siang untuk mematikan lampu.

3. Memanfaatkan Sinar Matahari di Siang Hari

Manfaatkanlah sinar matahari untuk penyinaran di setiap ruang di dalam rumah juga dapat menghemat energi listrik. Anda dapat membuka jendela-jendela di setiap ruang agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam. Selain membuka jendela, Anda juga bisa menambahkan beberapa genting kaca transparan agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruang.

4. Menyalakan AC pada Suhu yang Tidak Terlalu Rendah.

Di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya, AC (Air Conditioner) sudah seperti kebutuhan pokok. Bagaimana tidak, baik siang ataupun malam suhu di kota-kota besar memang tinggi, tidak heran warganya banyak yang menggunakan AC sebagai media untuk mendinginkan ruangan.

Namun, gunakannlah AC sebijak mungkin. Maksudnya, jangan terlalu menggunakan AC pada suhu yang terlalu rendah agar tidak menggunakan listrik yang berlebih. Mengapa bisa begitu? Jadi, jika temperatur diatur pada suhu yang terlalu rendah, kompresor AC jadi harus bekerja dengan daya tinggi. Menurut berbagai sumber informasi juga menyatakan jika setiap kenaikkan 1 derajat Celcius maka dapat menghemat hingga 7 hingga 10% daya listrik.

Baca Juga: 10 Cara Mengecek Tagihan Listrik PLN Online dan Offline dengan Mudah

5. Perbanyak Aktifitas di Luar Rumah

Menghemat energi listrik bukan hanya soal peralatan elektronikanya saja, melainkan juga kebiasaan atau aktifitas juga mempengaruhi. Orang yang beraktifitas di dalam rumah, seperti bermain hp atau komputer, menonton tv, atau mendengarkan mp3 pasti lebih banyak menghabiskan energi listrik.

Namun, jika diimbangi pula dengan kegiatan di luar rumah, seperti berolahraga maka penggunaan listrik juga dapat ditekan. Jadi, imbangi gaya hidupmu untuk beraktifitas di luar rumah. Anda dapat membuat jadwal untuk berolahraga di pagi atau sore hari. Manfaatnya selain lebih menghemat listrik, badan pun menjadi lebih sehat.

6. Menggunakan Air Secukupnya

Air adalah kebutuhan pokok atau yang utama untuk manusia. Masyarakat pada umumnya masih banyak yang menggunakan sumur sebagai sumber mata air. Oleh karena itu, pompa air menjadi hal yang utama di sini. Jadi, sudah seharusnya untuk menggunakan air sebijak mungkin, supaya tidak sering menghidupkan pompa air dan penghematan listrik pun dapat dilakukan.

7. Keringkan Pakain secara Alami.

Mencuci pakaian menjadi semakin mudah karena dengan adanya mesin cuci, ditambah lagi dengan adanya mesin pengering pakaian. Mencuci memang untuk sebagian orang bisa dikatakan sebagai kegiatan yang membosankan. Walau begitu, usahakan ketika mengeringkan pakaian untuk menggunakan cara yang alami, yaitu dijemur di bawah sinar matahari. Ini supaya lebih dapat menghemat pemakaian listrik.

8. Matikan TV ketika Sudah Tidak Ditonton

Menonton TV adalah sebuah kegiatan untuk mencari hiburan. Tidak jarang para pengguna TV yang menonton hingga larut malam, bahkan ada yang hingga pagi TV tetap menyala, sedangkan orangnya tertidur duluan. Jika sudah begitu maka dapat dikatan sebuah hal yang dapat memperbesar penggunaan listrik. Oleh karena itu, jika sudah sangat mengantuk maka segera matikan TV dan bergegas untuk tidur. Atau bisa juga mengatur timer supaya walau sudah tertidur, TV nantinya akan bisa mati sendiri.

9. Jangan Mengisi Daya Hp dari Malam sampai Pagi

Hidup di zaman modern seperti ini, hp (handphone) sudah menjadi barang yang sangat penting. Ketika malam hari banyak para pengguna ponsel melakukan pengisian daya supaya di pagi hari dapat langsung digunakan. Namun, ada baiknya pada saat mengisi daya ponsel ketika sudah penuh harap segera untuk dicabut agar baterai lebih tahan lama dan dapat menghemat penggunaan energi listrik.

10. Membersihkan Rumah dengan Cara yang Manual

Bersih-bersih rumah saat ini dapat dilakukan lebih mudah karena adanya berbagai peralatan elektronik yang dapat membantu meringankan, seperti halnya vacuum cleaner. Sebetulnya tidak masalah juga, tetapi jika secara rutin membersihkan rumah selalu dibantu dengan vacuum cleaner tentu saja akan menambah pengeluaran bulanan dalam hal pembayaran listrik.

Maka dari itu, usahakanlah terlebih dahulu untuk melakukannya secara manual. Misalnya, dengan cara menyapu atau mengepel. Memang akan terasa lebih lama dan melelahkan. Namun, hal itu tentu saja ada manfaatnya, seperti lebih hemat listrik dan juga karena banyak gerak maka membuat terasa bagaikan olahraga saja.

Ringkasan

Berikut ini adalah 10 cara menghemat listrik dengan mudah dan efektif.

  1. Gunakan peralatan elektronika berdaya rendah
  2. Matikan lampu ketika tidak digunakan.
  3. Memanfaatkan sinar matahari di siang hari.
  4. Nyalakan AC pada suhu tidak terlalu rendah.
  5. Perbanyak aktifitas di luar rumah.
  6. Menggunakan air secukupnya.
  7. Keringkan pakain secara alami.
  8. Matikan TV sudah saat tidak ditonton.
  9. Jangan mengisi daya hp dari malam sampai pagi.
  10. Bersihkan rumah secara manual.

Selamat mencoba!