Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Hewan Tercepat di Dunia: Darat, Air, dan Udara

Setiap hewan memiliki karakteristik yang berbeda dengan keunikannya masing-masing, termasuk dalam hal kecepatan.

Kecepatan sangat berguna untuk hewan predator ketika mencari atau mengejar mangsanya, di sisi lain kecepatan juga dapat digunakan untuk menghindar dari kejaran si pemangsa. Begitulah kehidupan di alam bebas.

Setiap hewan dengan habitat atau lingkungan hidup yang berbeda, tentu berbeda pula cara hidupnya. Hewan yang cepat di darat belum tentu cepat di air, begitu juga sebaliknya.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan memberitahu Anda daftar hewan tercepat di Bumi yang dapat menambah wawasan Anda:

A. Burung Tercepat

Burung adalah hewan yang dapat terbang, sehingga cepat dalam berpindah dari satu titik ke titik lainnya.

Elang peregrine
(Elang peregrine - Photo © Alan Murphy)

Elang peregrine (Falco peregrinus) dianggap sebagai burung tercepat dengan kecepatan terbang-menyelam lebih dari 185 mil per jam (300 kilometer per jam).

Kecepatan yang luar biasa ini menjadikan elang peregrine sebagai hewan tercepat di antara semua spesies burung.

B. Hewan Tercepat di Darat

Citah atau cheetah (Acinonyx jubatus) adalah hewan darat tercepat di dunia. Mereka memiliki kemampuan luar biasa untuk melaju dari 0 hingga 60 mil per jam (sekitar 97 kilometer per jam) dalam waktu kurang dari tiga detik.

Citah
(Citah - Sumber: nacso.org.na)

Namun, citah hanya dapat mempertahankan kecepatan tersebut untuk jarak pendek, biasanya tidak lebih dari 500 meter, karena kecepatan yang tinggi membutuhkan banyak energi dan menghasilkan panas yang berlebihan dalam tubuh mereka.

Setelah berlari dengan kecepatan tinggi, citah harus beristirahat untuk memulihkan energi mereka sebelum berburu kembali.

C. Ikan Tercepat

Ikan layar (sailfish) dianggap sebagai ikan tercepat di lautan. Mereka memiliki kecepatan rata-rata sekitar 40 mil per jam (64 kilometer per jam).

Ikan Layar
(Ikan Layar - Sumber: dinoanimals.com)

Namun, saat berenang dengan kecepatan maksimum atau saat melakukan serangan, ikan layar dapat mencapai kecepatan yang lebih tinggi, bahkan mencapai 68 mil per jam (109 kilometer per jam) dalam waktu singkat.

Ikan layar adalah ikan yang memiliki tubuh ramping, sirip punggung yang tinggi, dan kemampuan berenang yang luar biasa, memungkinkan mereka untuk mencapai kecepatan yang mengesankan di lautan.