Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kriteria Produk yang Ekonomis

Membuat produk yang ekonomis

Membuat produk yang laku di pasaran merupakan tujaun utama sebuah perusahaan. Namun, untuk membuat produk yang laku di pasaran itu banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya, faktor ekonomis. Karena jika perusahaan membuat produk bagus, tapi harganya mahal maka respon pasar juga tidak akan baik atau dengan kata lain produk tidak akan laku. Lalu, apa saja faktor produk yang ekonomis itu?

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhinya:

  1. Harga bahan baku yang digunakan
  2. Mesin produksi
  3. Biaya penjualan
  4. Upah pekerja
  5. Penyimpanan
  6. Biaya over head

Jadi, setelah kita mengetahui faktor-faktor dari segala sistem operasionalnya, selanjutnya kita juga harus mengetahui segala jenis kriteria dari segi produknya. Karena ini sangat perlu jika kita mengetahui kebutuhan konsumen maka kita dengan mudah merencanakan suatu produk yang mudah laku di pasaran, tetapi mudah juga dalam hal produksinya.

Berikut ini adalah kriteria dasar yang melandasi produk ekonomis:

  1. Suatu design fungsional dan sederhana yang memiliki estetika memadai.
  2. Memilih bahan yang tepat berdasarkan pertimbangan sifat fisis penampilan, harga, dan pembuatan atau proses pemesinan.
  3. Pemilihan proses produksi yang mampu menghasilkan produk dalam ketelitian dan penyelesaian akhir yang memenuhi persyaratan dan dengan harga yang serendah mungkin.